Saat sekolah yang namanya tugas selalu ada aja! Dari berbagai materi yang kamu pelajari, belum lagi catatan yang harus lengkap sebelum tes dimulai, sampai kerja kelompok yang bisa numpuk-numpuk. Kalau udah dibayangin betapa ribetnya pasti jadi males deh, tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya nggak ngerjain lho! Justru saat tugas sedang banyak-banyaknya kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik saat belajar dan mengerjakan. Berikut ini kita punya tips agar waktu belajarmu jadi lebih efektif dan efisien. Simak yuk!

 

Buat to do list dengan realistis

Biasanya saat ada tugas numpuk bukan hasil dari kesalahan sekolah lho, tapi karena kita sukanya lupa nggak mencatat apa aja homework yang telah diberikan. Tenang aja, dengan menuliskannya dalam to do list, kamu bisa kok mengerjakannya satu per satu. Jangan lupa untuk menerapkan waktu yang realistis untukmu, jujur pada diri sendiri juga penting!

 

Pastikan punya metode belajar yang pas!

Banyak cara yang kita gunakan agar materi cepat ‘nyantol’ di kepala, mulai dari menuliskan ulang, atau membaca di tempat yang tenang. Mendekati masa ujian yang nantinya menguras banyak tenaga jangan sampai kamu masih belum mengerti cara belajar yang tepat. 

 

Tetap jaga suasana belajar bareng teman

Siapa bilang belajar bareng malah membuat waktu belajar jadi banyak terbuang? Justru saat kamu dan teman-teman bisa membuat suasana menyenangkan dan saling membantu, pekerjaan akan cepat selesai kok! Kamu juga bisa membuat jadwal belajar yang teratur bersama, lebih seneng kan kalo ada temen?

 

Apa yang kamu kerjakan berguna untukmu sendiri, jadi harus semangat!

Mengerjakan tugas emang nggak pernah jadi hal yang menyenangkan jika kita mengeluh terus, apalagi kalau udah ngerjain tugas dari guru yang nggak kamu suka. Tapi coba pikir ulang deh, daripada kamu terus-terusan bad mood, ingatlah kalau apa yang kamu kerjakan ini semua demi kebaikanmu sendiri. Nggak ada kok guru yang ingin anak muridnya menderita! 

 

Tanpa cara mengatur waktu yang bijak, kamu pasti susah banget untuk membuat jadwal yang teratur. Walaupun mengatur cara bealajr itu kedengarannya sepele, tapi jika kebiasaan ini kamu bawa sampai dewasa pasti berguna kok! Mana nih tips yang bisa langsung kamu terapkan agar tugas nggak numpuk-numpuk?