Setelah melewati proses seleksi yang panjang, kini kamu udah berada di kampus impian! Tapi sayangnya nggak semua orang akan mengalami semangat yang sama dari awal kuliah hingga akhir nanti dan mungkin kamu adalah salah satunya. Tenang aja, kamu nggak sendirian kok kalau udah nggak nyaman belajar saat di kelas. Berikut ini kita beri tahu tanda-tanda apa yang menunjukkan kalau kamu udah harus pindah jurusan kuliah. Scroll yuk!

 

Udah mulai nggak nyambung dengan materi yang disampaikan

Saat awal kuliah, tentu kamu masih semangat mencatat apa materi yang ada di kelas namun lama-lama kok jadinya bosan banget ya? Rasanya apa materi yang diberikan oleh dosen nggak nyambung lagi sama pikiranmu, mendengarkannya pun udah capek apalagi mencatat. Kegiatan kuliah jadi hanya sekedar kewajiban, tapi kamu nggak ngerti tujuannya apa.

 

Saat mulai perkuliahan mulai banyak nggak nyamannya

Entah itu dari tugas yang nggak sanggup kamu kerjakan, ataupun dari teman kuliah yang nggak asik diajakin kerja kelompok sampai materi yang rumit  pokoknya selalu aja ada yang membuatmu nggak nyaman. Mungkin awalnya bisa kamu atasi, tapi kalau sampai membuatmu ingin bolos terus, coba ingat-ingat deh apa penyebabnya.

 

Lebih tertarik untuk mempelajari hal lain

Masuk jurusan yang berhubungan dengan hal yang sejak dulu kamu suka tapi mulai malas? Memang pendapat dan apa yang kita rasakan akan berubah seiring dengan banyaknya orang yang kita temui. Wajar kok jika kamu mengalaminya, tapi apakah mambuatmu lebih tertarik belajar yang lain?

 

Nilai-nilai mulai jeblok

Hasil dari rasa nggak nyaman dan udah bosan dengan materi yang ada pasti menghasilkan nilai yang jelek. Kalau ini terjadi, mendingan kamu hubungi dosen yang bisa memberikanmu nasehat, daripada kamu bingung sendiri kan?

 

Semangat hilang saat kamu mengingat apa peluang kerjamu nantinya

Beberapa hal yang bisa berubah di masa depan adalah kesempatan kerja yang semakin mepet, dengan materi yang saat ini kamu pelajari mungkin kamu udah merasa kalau peluang kerja akan berkurang. Apakah pindah jurusan nanti bisa jadi solusi?

 

Kadang-kadang perubahan memang menakutkan, apalagi nanti kalau misalnya kamu memutuskan untuk pindah jurusan dan terpaksa memulai dari awal. Namun selama kamu bisa membuktikan kalau kamu nyaman dan bisa berkomitmen, jalani aja dengan baik!