Kamu punya phobia? Baca 5 cara ini untuk mengatasinya

Asalkan mau usaha, kamu bisa kok sembuh!

 

Phobia adalah rasa takut berlebihan yang biasa dialami sebagai hasil dari trauma yang ada di masa lalu. Bentuknya mulai dari yang takut ketinggian, takut sama badut, sampai yang paling umum adalah takut melihat lubang-lubang kecil yang biasa disebut trypophobia. Reaksi dari phobia ini juga bermacam-macam mulai dari merinding, lemas bahkan ada yang sampai pingsan. Jika kamu pengidap phobia tertentu, jangan khawatir, simak poin-poin kita dibawah ini yuk!

 

Kenali sumber penyebab phobia-mu!

Perasaan takut berlebihan pada apapun bisa terjadi karena ada pemicu dan penyebabnya. Coba ingat-ingat sejak kapan kamu takut ketinggian, apakah karena dulu pernah hampir jatuh? Atau karena pengaruh lingkungan yang selalu menakut-nakuti kita? Dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa lebih aware tentang bagaimana mengatasinya.

 

Cari teman yang senasib

Support dari orang sekitar ketika menghadapi phobia juga penting lho dan kamu jangan pernah merasa sendirian. Mungkin banyak juga yang mengidap phobia yang kamu miliki dan ingin berubah, jadi jangan ragu untuk cerita ke teman-temanmu tentang apa yang kamu rasakan ya!

 

Jika mengganggu banget, segera cari pertolongan

Kadang phobia yang kita alami juga ada di sekitar, bahkan ada yang phobia makan benda yang keras karena takut giginya akan jatuh lho! Nah kalau sudah begini juga akan berpengaruh ke kesehatan, jika sampai di tahap ini jangan malu untuk cari pertolongan ya!

 

Coba ‘latihan’ secara berkala untuk menguji ketahanan mental

Cerita ke teman udah, cari pertolongan dari orang lain juga udah, tapi sebenarnya yang benar-benar bisa mengubah phobiamu adalah jika kamu melawan sendiri rasa takut itu. Misalnya kamu takut ketinggian, coba deh kamu ‘latihan’ dengan melihat ke bawah saat naik tangga. Sedikit demi sedikit kamu akan terbiasa kok!

 

Percayalah, tidak ada yang tidak bisa disembuhkan

Punya ketakutan itu biasa, yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya. Begitupun dengan phobia yang kamu punya, jika kamu ingin benar-benar sembuh maka harus ada effort yang lebih siap kamu jalankan.

 

Punya phobia emang bisa menganggu banget sampai mungkin menghalangi aktivitas kita, apalagi kalo udah ada temen yang jahil dan selalu godain. Grrr bikin sebel! Oleh karena itu sesulit apapun kamu harus bisa membuat phobia ini perlahan berkurang. Selamat mencoba ya!