Masuk ke fase dimana masa sekolah segera usai, untukmu yang memutuskan untuk kuliah masih pada bingung nggak nih menentukan jurusan? Kalau iya, pernah nggak terbersit keinginan untuk masuk ke jurusan seni? Jurusan yang satu ini memang terkenal menciptakan manusia-manusia yang eksentrik dari segi penampilan ataupun pikiran, nggak heran deh kalau banyak diantara kamu yang akhirnya ingin masuk ke jurusan yang satu ini. Tapi walaupun kelihatannya enak karena terus bersentuhan dengan hal berbagi seni menjalaninya nggak semudah itu lho!

 

Siap keluar uang banyak untuk tugas

Namanya juga karya visual, untuk membuatnya jadi menarik kadang nggak bisa diciptakan hanya melalui satu atau dua medium saja. Apalagi untukmu yang masih baru belajar dan ingin eksplorasi sana sini dengan tugas yang ada, pasti membutuhkan banyak alat yang nggak sedikit. Siap-siap aja untuk keluar uang lebih ya!

 

Sanggup mengerjakan berbagai project sampai begadang

Nggak bisa dipungkiri, generasi kita memang udah akrab banget dengan kata begadang mulai dari alasannya untuk sekedar nongkrong bahkan main game. Saat kuliah di jurusan seni, tenang aja nanti begadangmu akan lebih produktif! Selain tugas nantinya kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mengerjakan berbagai project. Jadi wajib jaga kesehatan juga!

 

Nggak hanya berkarya, tapi juga harus bisa jualan!

Masuk ke jurusan seni bukan hanya artinya kamu diharapkan bisa membuat karya yang keren, tapi juga pastikan apa yang dikerjakan bisa berguna untuk orang lain. Maka dari itu kamu juga nantinya harus bisa memasarkan karyamu di tempat yang tepat, belajar pemasaran penting banget lho!

 

Bertahan di industri kreatif itu nggak mudah!

Walaupun kelihatannya saat ini industry kreatif tampak mendunia, siapa yang bertahan harus punya strategi dan mental yang kuat. Hasil karya yang baik kalau untuk diri sendiri aja nggak akan berguna dong, kamu harus bisa membuat koneksi selama kuliah agar nanti karyamu bisa berguna untuk semua orang.

 

Banyak hal yang membuat jurusan seni sampai sekarang masih jadi favorit, mulai dari prospek yang cerah sampai ‘cetakan’ para alumninya yang membanggakan punya pengaruh yang penting. Asalkan kamu udah siap dan berani menanggung resiko masuk jurusan yang satu ini, nggak masalah kok! Selamat berjuang ya!