Ketika liburan sekolah ataupun kuliah tiba, pasti kita merasa bosan di rumah. Istilah sekarang, dibilang gabutatau bosan maupun mager  untuk melakukan segala hal. Liburan pendek ngeluh kurang panjang, diberi liburan panjang, disebut kepanjangan, akhirnya gabut. Ya!!! Itulah kita.

 

Biasanya hari libur diisi dengan family time, hangout, atau mungkin bikin vlog  untuk mengisi chanel youtube. Namun di sini juga memiliki titik jenuh, di mana kita ingin melakukan hal lain yang lebih menarik contoh seperti muncak bersama teman, tapi teman lagi mudik.  Dan akhirnya hanya bermain handphone tak jelas, hanya on-off kan data seluler dilengkapi dengan kasur yang empuk.

 

Sangat disayangkan, jika kita melampiaskan kegabutan dengan handphone, sebenarnya sih kita bisa mengisi liburan dengan lebih efisien walaupun teman tak ada. Dan pastinya hemat biaya.  Mungkin kita bisa dengan membantu pekerjaan rumah tangga, kita taulah pasti Ibu kita kerepotan mengurus semuanya sendirian. Bahkan bisa jadi, jika kita membantu orang tua mendapat uang jajan tambhan lho.

 

Atau mungkin kitan bisa memanfaatkan waktu liburan untuk membuat Madol atau Mading Online. Apalagi Mading sekolah ini selalu membuat event setiap bulannya, jadi kita dapat memiliki waktu lebih untuk memaksimalkan pembuatan madol ini.

 

Ya, memang kita harus pandai-pandai memanfaatkan moment liburan. Yang penting positif. Sehingga tidak semata-mata mengandalkan teman atau rencana beberpegian jauh alias wisata. Bisa-bisa kecewa kalau gagal. Apalagi teman-teman di saat liburan seperti ini, mereka pasti sibuk sendiri dengan keluarganya. Yang penting jangan gabut untuk menatap musim liburan sekolah ke depan. (*)