Materi sekolah bertambah banyak dan rumit, tapi waktu untuk belajar makin sedikit. Belum lagi kalau kita masih kena hawa malas usai liburan nih, bisa-bisa malah kebiasaan bermalasan jadi pengganggu yang baru. Memang kegiatan belajar bisa jadi hal yang membosankan dan bisa membuat kita stress sendiri, maklum deh kalau ada teman kita yang akhirnya hanya pasrah saat ada materi yang sulit. Tapi tentu bukan itu yang bisa membuat kita bisa skip waktu belajar, berikut ini kita punya tips agar cara belajarmu lebih efektif. Simak yuk!

Saat ada materi online, coba ubah ukuran dan jenis font

Kelebihan punya sistem belajar serba online saat ini adalah kebebasan untuk akses materi dan berkreasi dengannya sesuka hati. Bosan dapat slide yang itu-itu aja? Coba deh ganti warna atau jenis font-nya! Memanjakan mata juga penting saat belajar karena seperti yang banyak dibilang, dari mata bisa turun ke hati! 

Membuat mind map juga bisa membantu lho!

Jika materi yang harus kamu pelajari punya banyak sub-bab yang harus dipelajari dengan baik, nggak ada salahnya jika kamu merangkum sendiri dengan membuat mind-map. Mind-map ini bisa membantumu untuk membedah topik yang saling berhubungan sekaligus memvisualkannya dengan baik, nggak gampang lupa deh walaupun banyak!

Siapa bilang nonton film nggak akan membantu? Coba cari film dokumenter tentang topiknya!

Saat belajar tentang materi yang sulit seperti kimia, fisika maupun mata pelajaran lain pasti bosan banget kalau hanya mempelajarinya dari buku yang itu-itu aja. Beruntungnya kita saat ini udah banyak banget tayangan yang temanya bisa mepet-mepet ke materi sekolah, contohnya aja saat kamu belajar tentang fisika dan kimia nonton series ‘Chernobyl’ akan membuatmu semangat lagi deh!

Tidur teratur juga punya peran yang penting

Walaupun saat ini kesannya nggak bisa tidur jadi tren gara-gara banyak lagu dan film yang mengangkatnya jadi cerita, bukan berarti kamu harus ikut-ikutan. Ingat, saat malam badanmu sedang ‘piket’ untuk membersihkan dan mengeluarkan racun, nggak mau kan waktu belajar terganggu hanya karena tidur nggak teratur?

Banyak mengubah cara belajar untuk bisa menemukan yang tepat itu nggak masalah kok! Beberapa cara diatas hanyalah contoh yang bisa kamu terapkan sesuai dengan waktu yang ada, semoga bisa membuatmu tambah semangat ya!