Tahukah kalian dari segi geografis china lebih luas dari pada indonesia, luas wilayah china 9.600 Juta km2 yang berarti sekitar 5X lipat dari wilayah indonesia.Namun, jumlah suku di indonesia 20X lipat dibandingkan suku yang ada di china.

Suku bangsa termasuk golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dari sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut.

Ada banyak media untuk mengenal keberagaman suku. Salah satunya adalah sekolah contohnya di SMA Negri 5 Takalar, terdapat berbagai macam suku yaitu makassar, bugis, toraja, dan jawa. Namun, keberagaman tidak menjadi penghalang untuk menjalin hubungan pertemanan. Karena, keberagaman tersebut membuat sebuah hubungan pertemanan menjadi lebih menarik.

 

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk merealisasikan indahnya perteman dalam keberagaman adalah :

  1. Menjalin komunikasi

Dengan  komunikasi, kita bisa saling mengenal dan memahami hal-hal penting tentang kebiasaan dari teman yang berbeda suku. Ini berguna untuk mengurangi kesalah pahaman yang sering terjadi dalam hubungan pertemanan lintas suku. Contohnya,salingsharing tentang budaya masing-masing.

 

  1. Menambah wawasan tentang suku lain

Hal ini bertujuan untuk memperdalam wawasan kita terhadap budaya atau kebiasaan dari suku lainnya. Tentu, dengan semakin dalamnya pengetahuan yang kita miliki tentang kebudayaan maka kemauan untuk bersatu akan semakin besar.contohnya, mengikuti festival  kebudayaan suku lain.

 

3, Memperbanyak kerjasama

Ketika kita membuat sesuatu di temani oleh orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda kita akan lebih merasakan dampak positif dari keberagaman yang ada. Salah satu dampak positif yang akan kita peroleh yaitu banyaknya ide-ide yang muncul karena faktor kebiasaan atau budaya dari masing-masing suku yaang beragam. Contohnya, membuat kegiatan di sekolah yang merangkul seluruh keberagam yang berada didalamnya seperti bincang budaya.

 

BUNGA YANG INDAH  TIDAK SEMPURNA JIKA MEMILIKI 1 KELOPAK

JADI MARILAH KITA BERGABUNG UNTUK MENYEMPURNAKAN KELOPAK  BUNGA TERSEBUT.