Kenapa sih kamu masih suka gugup bicara di depan kelas?

Yuk cari dan atasi  penyebabnya dengan 4 cara mudah ini!

Tenang aja, kamu nggak sendirian kok!

 

Bicara di depan umum kelihatannya memang mudah, tapi nggak semua orang bisa melakukannya. Public speaking udah jadi momok yang ditakuti banyak orang, apalagi untuk kamu yang sukanya malu-malu nih. Padahal ketika pelajaran banyak waktu untuk tugas presentasi, kalau kamu masih suka kaku gimana ya mengatasinya? Simak dulu yuk 4 cara mudah ini!

 

Tenangkan dirimu dulu sebelum maju!

Cara paling mudah adalah dengan tarik dan hembuskan nafas pelan-pelan, yakin deh dengan bernapas secara teratur bisa membuat kamu lebih fokus. Jangan lupa siapkan materi dengan baik dan buat catatan kecil sebagai panduan, nggak usah panjang-panjang. Cukup untuk kamu genggam aja nantinya supaya nggak kehilangan arah.

 

Lihat dinding yang ada di belakang aja kalau nervous

Hal yang paling nggak kita suka adalah banyaknya orang yang melihat kita di depan, semua gerak-gerik kita diamati dengan seksama. Jika kamu nggak bisa membayangkan ruangannya kosong agar kamu lebih tenang, coba deh kamu lihat lurus aja ke tembok paling belakang. Nah konsentrasimu nanti nggak akan terpecah deh!

 

Bayangkan perasaan setelah presentasi

Ketika maju ke depan, kadang kita udah nggak focus duluan karena takut salah langkah, nah kali ini coba bayangkan betapa leganya kamu nanti setelah presentasi. Kamu hanya tinggal melalui beberapa menit saja dan semua akan usai kok!

 

Tiba-tiba hening? Udah biasa!

Udah ngomong panjang lebar, tapi ternyata orang di depan kamu diem aja itu udah biasa kok! Jangan sampai kamu jadi salting ya. Cara mengatasinya mudah, coba kamu jalan ke dekat teman-temanmu dan mencoba untuk lebih santai supaya nggak bosan juga nantinya mendengarkanmu bicara lebih lanjut. Berilah dirimu waktu untuk

 

Kemampuan presentasi dengan baik jangan diremehkan lho! Ketika nanti kuliah atau bekerja berbicara di depan orang akan menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan, maka dari itu ketika masih ada waktu untuk belajar yuk dimanfaatkan! Apakah kamu salah satu orang yang sulit berbicara di depan umum? Share yuk di kolom komentar!