Kesehatan mental, remaja yang sering jadi korban. Yuk simak 5 fakta berikut!

Jangan sampai salah kaprah dan salah ditangani!

 

Memasuki fase remaja nggak hanya merubah penampilan, tapi juga perubahan pola pikir secara drastis. Banyaknya tekanan dari lingkungan dan social media yang kadang nggak realistis bisa mempengaruhi kesehatan mental kita perlahan. Sayangnya jika remaja mengalami stress nggak banyak yang peduli karena dianggap sudah biasa.

 

Kesepian adalah salah satu penyebab utama

Setelah mengalami masa yang sulit, entah itu kehilangan atau kejadian yang menjengkelkan pasti kamu pengen banget bisa cerita ke orang terdekat. Tapi sayangnya nggak semua orang bisa punya sahabat atau bahkan teman  yang bisa mengerti. Jadinya kesepian bisa membuatmu lebih stress dari biasanya, pastikan kamu punya cara untuk melampiaskan emosi dengan lebih baik ya!

 

Tanpa edukasi dari ahli, justru internet bisa menyesatkan!

Dunia maya selamanya punya pedang yang bermata dua, ada tempat untuk menemukan pencerahan terhadap apa yang kamu alami namun juga banyak yang bisa menyessatkanmu. Misalnya saja modus-modus konsultasi online yang marak dan nggak jelas. Mendingan kamu langsung konsultasi ke dokter ya!

 

Nyatanya yang bisa menyembuhkan adalah ‘ketenangan’

Saat keadaan mental kita mulai bikin gelisah, berdamai dengan diri sendiri untuk mencapai titik tenang itu susah banget. Apalagi di usia belia justru banyak orang dewasa yang kian menyepelekan apa yang kita alami. Tapi jangan menyerah untuk mencari ketenangan dalam diri dan fokus terhadap apa yang kamu inginkan.

 

Nggak hanya anxiety, eating disorder adalah yang paling banyak diderita

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mendapatkan asupan gizi yang cukup, sayangnya saat remaja tuntutan untuk punya bentuk badan tertentu membuat kita mulai hidup nggak sehat. Mencoba diet tanpa pengawasan hanya akan menimbulkan eating disorder yang berbahaya dan menjadi kebiasaan buruk.

 

Ternyata gaming udah masuk dalam kategori mental illness!

Walaupun banyak dikaitkan dengan aktivitas yang menyehatkan otak, ternyata WHO nggak setuju tuh! Kebiasaan gaming yang berlebihan akan membuat kita lebih agresif dan nggak peduli prioritas lain. Kamu setuju atau tidak?

 

Saat remaja adalah masa yang paling rentan dimana pikiran dan hormone kita sensitive terhadap apa yang ada di sekitar kita. Menjadi socially awkward hanya karena kita nggak fit di lingkungan kelihatannya sepele, namun ternyata dampaknya besar hingga dewasa! Dari lima fakta diatas, mana yang menurutmu paling mengejutkan?