Kopi Susu di sekolah ku

Siapa sih yang nggak pernah menikmati kopi atau susu? Entah itu starbucks  dan sejenisnya. Pasti kalian semua pernah menikmati kopi susu. Sungguh tidak ada yang bisa menahan nikmatnya kopi susu, apalagi kalau kopinya dicampur susu truss dinikmati di cuaca hujan bersama pacar,  ya kan?  Benarkan? . Tapi sayang-nya aku nggak punya pacar hahahahaha… dan aku nggak pernah menikmati kopi susu bersama pacarku, yah karna aku nggak punya pacar. Ketika aku tidak mempunyai pacar, aku memilih meminum kopi depresso. Karna Depresso adalah perasaan yang aku alami ketika kehabisan kopi. Di mana-mana tuhh kalau minum kopi susu pasti bawaan-nya enak, tapi ada juga sih yang ngaak enak karna kopi susu-nyan gakk enak.

Berbicara tentang kopi susu. Dibalik enak-nya kopi susu nihh tersimpan suatu cerita, yaitu kopi susu yang dijadikan bahan untuk bullying. Terpojok di ruangan kelas duduk dengan terlihat kesedihan yang di rasakan nova. Matanya berkaca, sedih, sambil melihat kulit tangannya dan tersimpan rahasia di raut wajah-nya, Membuat mata putri tertujuh memandang-nya dan merasa heran sehingga putri menghampiri nova dan bertanya.

“Kenapa lohh sedih? Loh patah hati yah? Atau di putusin pacar?”

“Aku sedih karena orang lain sering mengejek ku.” (kata nova)

Putri dan Nova bersahabat sejak awal masuk sekolah. Nova orang-nya asik, enak di ajak bicara, namun dia slalu ngerasah minder karena nova mempunyai kulit yang hitam seperti layak-nya kopi hahaha. Karena itulah Nova sering diejek, di permalukan oleh teman-teman di Sekolahku, mereka sering berkata.

 “Wah, kok ada baju yang melayang hahaha”

“Kok buku-nya melayang sih? Siapa yang pegang buku-nya?”

 

Hati kecil putrid selalu bersedih, merasa Nova sering dipermalukan oleh orang lain. Hal yang rasis sih, tapi kenapa sihh kopi susu aja sering jadi bahan ejekan,  padahal kopi susu kan manis rasa-nya kalau disatuin.

Kopi susu di sekolah ku itu banyak, sering jadi bahan cerita di sekolah bahkan bahan ejekan. Nggak akan berguna mengejek si kopi dan mengejek si susu. Kita bisa terima semua itu jika kita saling terbuka, berbicara, menukar pikiran satu dengan yang lain tanpa memikir kan etnis dan kulit-nya.

Tindakan rasis itu hal yang kecil namun dampak-nya besar. Contoh-nya di sekolah dapat mengakibat kan putus sekolah lebih awal dan hasil pendidikann yang lebih rendah. banyak juga anak muda dan pelajar yang merasa tersakiti karena rasisme, tertekan, pikiran-nya terganggu, merasa malu, dan harga diri mereka hilang sehingga mereka merasa tidak di hargai lagi. Bukan hanya itu saja, bahkan menimbulkan adanya kebencian dari satu pihak terhadap pihak lain.

 

 

Kita harus melekatkan paham pluralism dalam diri kita agar tindakan rasis itu tidak di terjadi lagi. Kita harus menerima adanya perbedaan, kita harus belajar menghargai orang lain yang berbeda dengan kita karena perbedaan itu indah, dan perbedaan itu menjadikan kita lebih bermakna. Jangan kita jadi kan perbedaan itu sebagai suatu masalah dan jangan jadikan perbedaan itu sebagai alasan untuk menjatukan orang lain. Kayak kopi susu lahh, jika kita satuin kopi sama susu pasti rasa-nya enak meskipun kopi sama susu itu berbeda.tetapi jadikan perbedaan itu sebagai pendorong untuk kerukunan dan perdamaian serta kesatuan dan kerja sama.  kita jangan biarkan kediaman membenarkan perilaku yang salah dan menjadikan-nya sebuah kebiasaan karena hal itu hanya mengantarkan kita semua pada sebuah kehancuran.

Agar kopi susu tidak menjadi bahan ejekan kita perlu adanya pendidikan multikultural ke dalam sistem pendidikan yang di dasari pada prinsip persamaan, saling menghormati, dan menerima serta memahami dan adanya komitmen moral untuk sebuah keadilan sosial. Pendidikan multikultural bisa di terapkan dalam mata pelajaran PKn dan Agama. Dimana seorang guru harus mampu dan bisa merancang sebuah pembelajaran yang bersifat multikultural, agar memberikan pemahaman kepada peserta didik, bahwa perbedaan yang ada harus kita jalani dan syukuri karena, perbedaan membentuk sebuah keberagaman.

 Okay guys…sampai di sini saja yahh.. Udah minum kopi susu nggak hari ini??hehehehe….

Dahhhh…