Langkah Menyadarkan Teman yang Suka Tawuran

Miftahuzzakiyah

 

Kamu punya teman yang suka tawuran? Nah, artikel ini pas banget untuk kamu baca, apalagi jika kamu ingin teman-teman berhenti untuk tawuran gitu. Jadi, ada tips-tips gitu yang bisa kamu pakai atau langkah yang bisa kamu gunakan untuk menyadarkan teman yang suka tawuran.

Nah, sebelumnya perlu kita ketahui bahwa kondisi jiwa atau psikis teman yang suka tawuran sangat tidak stabil. Karena memang sebagian besar pelaku tawuran adalah remaja. Nah, kita sebagai remaja kadang lebih sulit untuk menyelesaikan suatu masalah dibandingkan orang dewasa kan. Oleh sebab itu, tawuran terkadang menjadi solusi yang paling memuaskan bagi mereka, padahal solusi untuk melakukan tawuran adalah salah besar.

Jadi, bagaimana langkah-langkah tepat yang harus kita lakukan?

Pertama, kita harus mengetahui faktor penyebab dari tawuran tersebut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tindakan tawurannya. Namun, ada dua faktor besar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal mencakup keadaan diri teman kita yang demen tawuran, biasanya perasaan emosi yang meleda dan bsia jadi karena dendam. Sedangkan faktor eksternal mencakup adanya pembulian, faktor kekerasan dan perceraian dalam rumah tangga, faktor lingkungan sekolah yang sangat bebas dan memberi peluang besar untuk melakukan tawuran.

Jika sudah diketahui penyebab awal maka pendekatan selanjutnya dapat dilakukan dengan tepat.

Kedua, dekati teman kita yang suka tawuran dengan pendekatan yang tepat. Ingat, pendekatan tersebut harus dalam pengawasan orang yang lebih tua atau dewasa. Lebih baik jika yang melakukan pendekatan adalah teman sejoli pelaku tawuran. Selain itu, harus teman yang berjenis kelamin sama. Dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat menjadi media untuknya menceritakan keluh kesah dan ketidaknyamannya. Intinya, kita jadi sahabat dia.

Ketiga, saat pikiran teman kita yang sering melakukan sedang kalut dan stress, cobalah untuk menjadi penenangnya. Misalnya dengan cara menemaninya dan duduk di dekatnya, atau memeluk dan menepuk punggungnya, biasanya sentuhan kasih sayang dapat menenangkan.

Keempat, ajak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari yang melibatkan kerja keras otak sampai ke kegiatan yang bersifat refreshing. Misalnya, mengajaknya untuk meningkatkan kreativitas dengan mengikuti lomba-lomba tertentu, mengajaknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, nonton film bareng, jalan-jalan atau wisata alam dan wisata kuliner. Asyik kan?

Kelima, sering-sering mengajak mereka ke acara “aksi damai pelajar”. Nah, kegiatan ini sangat bermanfaat. Di acara tersebut banyak kegiatan yang dapat mencerahkan hati dan pikiran. Apalagi hati para remaja yang sering bimbang dan tidak pasti. Hehe..

Demikian beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyadarkan temanmu yang sering tawuran. Karena pada dasarnya, pelaku tawuran tidak selalu karena keinginan dia untuk melakukannya. Biasanya, ajakan teman-teman yang kurang baik bisa menjadikan dia sebagai pelaku tawuran juga. Sayangi teman kita yuk.