Holla sobat cakrawala Kembali lagi bersama dengan rubric liburan. Sekarang Rubrik liburan akan menceritakan pengalaman admin pas liburan kemarin. Saat libur panjang kemarin SMA Pradita Dirgantara mengadakan Field Trip ke Jakarta dan di Hari pertama kami disambut oleh Bapak Panglima TNI, Bapak Marsekal Hadi Tjahjanto. Setelah mendapat pengarahan dari beliau dan melaksanakan makan siang, kami mengunjungi 4 monumen yang melukiskan kilas balik sejarah perjuanngan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Keempat monument ini menggambarkan betapa perihnya derita yang harus dialami bangsa Indonesia untuk mempertahankan Kesatuannya. Monumen yang pertama menggambarkan perjuangan Jendral Soedirman yang kala itu berusia 29 tahun melawan penjajahan serta penyakit TBC yang beliau idap sejak lama.

         Kedua monument setelahnya menggambarkan perjuangan TNI mempertahankan keutuhan tanah Indonesia dari rebutan bangsa lain dan melawan imperialism yang berusaha dibuat oleh mallaysia. Dari pengalaman kunjungan admin diatas dapat kita petik suatu makna yang tergambarkan dibalik 4 Monumen yang berdiri di Mabes TNI. Yakni, kita sebagai next generation dari bangsa Indonesia haruslah memiliki kesadaran atas tanggung jawab yang diberikan oeh pendahulu kepada kita, yakni memajukan bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan, tidak hanya dalam bidang militer, tetapi juga bidang lain yang dapat meningkatkan taraf Indonesia di mata dunia