Banyak yang bilang kalau masa remaja dan sekolah adalah masa yang paling indah, gimana enggak? Kita belum punya tanggung jawab besar seperti harus membayar tagihan atau bekerja, hidup kita hanya diisi dengan nugas dan juga nongkrong. Sayangnya, banyak yang lupa menyebutkan kalau masa remaja juga penuh dengan hal-hal yang membingungkan seperti ketika emosi yang naik turun dan juga perubahan tubuh yang terjadi. Khusus untuk yang terakhir, kita punya cara jitu agar kamu nggak gampang panik saat hal ini terjadi, simak baik-baik ya!

 

Beritahu orang tua tentang apa yang kamu rasakan

“Ihh kan malu kalo orang tua tau apa yang aku rasakan!” Eits, harus ditahan dulu nih rasa malunya! Orang pertama yang harus kamu beritahu adalah orang rumah yang setiap hari berinteraksi denganmu. Kalau kamu ada apa-apa merekalah yang bisa menolong dan memberi saran dengan jujur.

 

Buatlah catatan jika perlu

Terutama untuk cewek yang udah mulai memasuki masa menstruasi nih, tanggal setiap tamu datang dan pergi harus dicatat dengan baik lho. Nggak usah ribet, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang saat ini khusus diciptakan untuk mencatat siklus setiap bulan.

 

"Nggak cuma aku kok yang mengalami hal ini"

Coba katakan kalimat itu pada dirimu sendiri deh saat merasa nggak percaya diri. Masa puber memang punya efek yang berbeda-beda pada tiap orang, kadang kita juga ragu mau menceritakan hal ini pada sesama teman. Tapi jangan malu dan minder dulu, karena semua orang juga mengalami apa yang kamu rasakan sekarang dan mereka bisa kok melaluinya dengan baik.

 

Mulai aware dengan produk yang kamu gunakan

Perubahan fisik yang terjadi juga membuatmu harus waspada lho dengan efeknya, jangan sampai ada bau badan dan keringat yang kamu nggak ngerti gimana meminimalisirnya. Perawatan wajah juga penting nih supaya nggak ada jerawat yang membekas hingga dewasa.

 

Hal yang paling menakutkan dalam hidup kita adalah perubahan yang akan kita lalui, baik itu secara fisik maupun mental. Pada masa kita sekarang, pubertas adalah hal yang penting dan wajar kalau kamu jadi khawatir, tapi ingat juga kalau saat ini udah banyak yang bisa kamu jadikan referensi.