Memasuki masa SMA yang katanya akan jadi masa paling indah nyatanya nggak melulu diisi haha-hihi dengan teman. Saat inilah kamu udah harus bisa belajar menentukan ingin melangkah ke jurusan mana saat di SMA, mau ke IPA atau IPS nih? Tentu keduanya punya plus dan minus, tapi jangan sampai salah pilih kalau kamu udah punya pandangan akan lanjut kuliah kemana setelah sekolah. Untukmu yang ingin masuk ke jurusan IPA, kita punya beberapa tips agar rencanamu terlaksana dengan baik. Simak baik-baik yuk! 

 

Persiapkan mental dengan baik

Sekolah nggak hanya mengajarkan kita materi pelajaran yang penting saat nanti ujian, tapi juga bagaimana mental kita harus siap menghadapi situasi yang sulit. Seperti yang akan kamu alami saat memilih jurusan di SMA, perbanyak latihan soal tanpa diminta supaya nanti kamu nggak kaget dengan materi yang akan kamu dapatkan.

 

Biasakan belajar dengan jadwal teratur

Punya jadwal sendiri emang penting banget, selain untuk mengatur waktu kita juga jadi ngerti waktumu nanti habis untuk apa aja. Dengan punya rekapan kegiatan per minggu, kamu juga bisa menyeimbangkan waktu belajar dengan waktu santai sesuai porsinya.

 

Pancing terus rasa penasaran 

Rasa bosan adalah salah satu musuh terbesar kita saat belajar, apalagi jika materi yang diberikan sulit dimengerti. Untukmu yang memilih jurusan IPA, semangatnya memang harus terus dijaga salah satu cara efektif adalah dengan menjadi penasaran tentang topik apapun yang ada di sekitar. Jadikan belajar adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan ilmu, jangan dijadikan beban aja!

 

Belajar dengan baik sih pasti, jaga motivasi jangan sampai lupa!

Ini nih yang sering dilupakan oleh banyak orang, karena setelah mendapatkan apa yang kita mau motivasi akan terus menurun. Untuk menghindari hal ini terjadi, catat dengan baik apa tujuanmu memilih IPA dan saat malas tiba coba baca lagi baik-baik. Dijamin semangat balik deh!

 

Bisa mendapatkan apa yang kita inginkan memang harus disertai perjuangan yang keras, selain menerapkan langkah diatas kamu juga harus banyak konsultasi dengan orang luar ya. Pendapat orang tua dan guru bisa kamu jadikan bahan pertimbangan dan juga motivasi untuk masuk ke jurusan  yang kamu pilih!