Jadi anak kuliahan nih akhirnya! Udah terbayang dong materi di topik yang kamu suka, pasti berbagai kegiatan seru di luar kelas udah jadi hal yang bisa bikin kamu semangat. Ngomongin tentang kegiatan yang ada di luar kelas, udah tau belum kira-kira mau ngambil ekskul apa nantinya? Jangan salah, kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa akan jadi tempatmu mempunyai koneksi dengan teman baru lho. Kalau bingung mau ikutan yang mana, simak beberapa poin berikut yuk!

 

Perhatikan apa aja nanti kegiatannya

Banyak kegiatan UKM yang nantinya akan berada di alam ataupun berada di pelosok desa untuk melakukan kegiatan sosial. Dari kegiatan yang akan dilakukan, pastikan kamu udah tau apa aja yang akan kamu hadapi. Jangan sampai nantinya kamu malah kaget karena nggak sesuai dengan ekspektasi.

 

Jangan malu tanya kakak kelas

Sebagai anak baru yang belum tau banyak tentang dunia kampus, kamu harus rajin untuk cerita-cerita ke kakak kelas nih! Karena mereka tentu udah tau duluan mana yang oke mana yang enggak untuk kamu jalani, pendapat mereka bisa jadi bahan pertimbangan yang valid.

 

Cobain untuk daftar nggak hanya ke satu ekskul

Keuntungan lain menjadi maba alias mahasiswa baru adalah masih terbukanya kesempatan untuk mencoba kegiatan ini dan itu tanpa harus stress mikirin materi kuliah. Nah mumpung masih awal, coba aja untuk daftar di berbagai UKM, setelah hari orientasi kamu bisa memutuskan dengan baik.

 

Sesuaikan pilihan dengan passion yang kamu miliki

Bisa punya kegiatan produktif dan menyenangkan di luar kelas memang diinginkan semua anak kuliahan, maka dari itu usahakan memilih UKM yang bisa mendukung passionmu! Selain bisa eksplorasi lebih jauh, networking yang kamu bentuk juga akan berguna lho!

 

Pilih yang nantinya bisa membuatmu lebih semangat belajar

Kesannya memang kegiatan UKM akan jadi ‘pelarian’ dari kelas yang produktif, tapi bukan berarti kegiatan ekskul bisa jadi alasanmu untuk nggak belajar lho. Justru dari kegiatan kemahasiswaan ini harusnya bisa jadi bahan praktek teori yang ada di kelas.

 

Kegiatan yang ada di UKM kampus memang nggak wajib diikuti dan nggak masuk ke nilai IPK, tapi yakin nih kamu nggak mau meluangkan waktu? Kegiatan UKM yang kamu ikuti bisa jadi portfolio yang bagus lho saat nanti melamar kerja ataupun magang!