Menerapkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Mudah Loh, Begini Caranya!

Fera Rahmatun nazilah

Kamu tentu tahu kan Pancasila itu dasar negara Indonesia. Nah, kita bisa loh mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak hanya jadi PR di sekolah saja loh. Mengamalkan pancasila nggak sulit kok, bahkan kita bisa menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, begini nih caranya:

Sila Pertama: Ketuhanan yang Maha Esa

Kita harus bersyukur tinggal di Indonesia yang membebaskan rakyatnya memeluk agama apapun. Di negeri seberang ada loh saudara-saudara kita yang terjajah kebebasan beragamanya. Sedangkan Indonesia selalu melindungi hak-hak rakyatnya untuk beragama.

Sila ini dapat kita terapkan dengan cara beribadah yang baik, sesuai dengan agama yang kita anut. Tidak cukup dengan itu, kita juga harus saling menghormati dan menghargai pemeluk agama lainnya. Melarang orang ibadah, apalagi sampai memaksakan orang lain untuk memeluk agama yang kita anut, perbuatan buruk. Kalau toleransi sudah diterapkan, sudah pasti rakyat Indonesia dapat hidup dengan rukun dan damai.

Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Setiap rakyat Indonesia memiliki hak yang sama kok. Jika ada temanmu yang diejek atau dibully soal identitasnya, maka kamu harus membelanya, karena kita semua punya hak yang sama kok.

Sila ini juga dapat kamu terapkan dengan cara membantu sesama, misalnya berpartisipasi dalam kerja bakti yang dilaksanakan di lingkungan rumah dan sekolah, menggalang dana untuk korban bencana alam, menjenguk kawan yang sakit, dll.

Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Nah, kita bisa menerapkannya dengan cara menjaga hubungan baik dengan saudara-saudara kita, meskipun berbeda pilihan, suku, bahasa dan agama. Kita juga bisa menunjukkannya melalui kecintaan terhadap Indonesia, yaitu dengan cara menjaga warisan budaya Indonesia, misalnya tidak merusak artefak-artefak budaya yang ada, tidak memburu dan membunuh hewan yang dilindungi, dan menggunakan produk-produk lokal milik anak bangsa.

Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Kamu pernah nggak memiliki pendapat yang berbeda dengan kawanmu atau orangtuamu? Kalau pernah, apa yang kamu lakukan?

Perbedaan pendapat adalah hal yang niscaya ketika kita hidup berdampingan dengan orang banyak. Setiap orang tentu punya pemikiran dan pendapat masing-masing. Nah ketika berbeda pendapat kita perlu bermusyawarah untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tidak hanya pancasila loh yang menganjurkan musyawarah, perintah ini bahkan datang dari Allah Swt dan telah diterapkan oleh Rasulullah Saw. Allah Swt berfirman:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS Ali-Imran : 159)

Ketika bermusywarah hendaklah kita menghargai pendapat orang lain, jangan ngotot dengan pendapat sendiri, jangan pula baper dan marah-marah kalau pendapatmu tidak diambil. Nah kalau kamu bermusyawarah dalam mengambil keputusan bersama, berarti kamu sudah menerapkan pancasila.

Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila ini dapat kamu terapkan dengan cara menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Kalau kamu seorang pelajar, maka caranya adalah belajar dengan giat. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat yang bisa merugikan orang lain, seperti tauran, merusak fasilitas umum dan lain sebagainya.

Nilai-nilai pancasila bisa kamu terapkan dari hal-hal kecil di atas. Bagaimana? Mudah bukan? Tunggu apalagi, ayo terapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan mulai dari sekarang.