Dipilihnya tanggal 2 Mei sebagai hrdiknas karena bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi dan mendedikasikan dirinya untuk pedidikan, di kala itu tahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan institusi pendidikan yang bernama Sekolah kerakyatan di Yogyakarta. Melalui pendidikan dan tulisannya, Ki Hajar Dewantara membangun karakter anti-kolinialisme kepada kaum pribumi. Dia juga menerapkan pembangunan karakter untuk meminimalisir konflik fisik dengan penjajah pada saat itu.

Dalam perjuangannya dalam memberikan pendidikan yang layak bagi rakyat pribumi, Ki Hajar Dewantara menciptakan beberapa kalimat semboyan yang sampai saat ini melekat pada pendidikan Indonesia. Dalam kalimat tersebut mengandung makna yang begitu mendalam, semboyan ini ditujukan kepada pendidik agar bisa menginspirasi, memberikan teladan dan memotivasi siswanya. 

Ing ngarsa sung tuladha

Ing madya mangun karsa

Tut wuri handayani

Yang artinya.. ”Ing Ngarsa Sung Tuladha” berarti dari depan memberikan teladan. ”Ing Madya Mangun Karsa” memiliki arti di tengah menggugah semangat. ”Tut Wuri Handayani” berarti dari belakang memberikan dorongan