Berpisah adalah hal yang paling nggak diinginkan semua orang untuk terjadi, entah itu berpisah dengan orang tua karena harus pergi jauh untuk kuliah ataupun dengan teman lama. Walaupun punya tujuan yang baik, tetap saja untuk menghadapi perpisahan bukanlah hal yang mudah. Seringkali kita punya berbagai reaksi yang ujung-ujungnya bikin sedih terus. Daripada berlarut-larut, yuk simak beberapa poin dibawah ini agar kamu bisa lebih cepat move on!

 

Menyadari kalau apa yang ada adalah tempat kita belajar

Dalam hidup kita selalu diberi kesempatan untuk belajar dari berbagai hal, bukan hanya dalam bentuk buku yang bisa kita pegang dan baca. Perpisahan adalah salah satu hal yang mengajarkan kita tentang arti kebersamaan dengan yang tersayang. Mereka yang hadir dalam hidup kita dan sebaliknya harus kita hargai selagi masih ada waktu.

 

Sibukkan diri dengan kegiatan produktif

Ternyata sedih juga membutuhkan banyak energi lho! Untuk sekedar galau dan emosi bisa menguras perasaan yang kalau dialihkan ke hal lebih produktif juga oke. Banyakin olahraga dan membaca buku baru, coba alihkan pikiran dan sibukkan diri dengan hal-hal yang berguna untukmu. Daripada sedih berlama-lama, kan?

 

Cari teman-teman baru 

Jika biasanya kita hanya ingin sendirian saat perasaan sedih datang, coba deh kali ini kontak teman-temanmu yang baru! Inisiatif untuk ngajakin kumpul duluan juga nggak masalah kok, kamu bisa keliling juga ke kafe yang baru dan punya bahasan yang baru dari pada sedih mulu nggak baik untuk kesehatanmu!

 

Praktek self-love yuk!

Salah satu cara untuk bisa lebih sayang pada diri sendiri adalah dengan membiasakan diri untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Kita memang harus punya deadline untuk diri sendiri agar apa yang kita rasakan nggak berlangsung lama. Selain kumpul dengan teman baru, coba kenalan juga lebih jauh dengan diri sendiri dengan banyak merenung dan membaca buku.


Memang saat-saat awal kita kehilangan masih terus kepikiran, apa yang kamu rasakan wajar kok! Jangan sampai waktu yang ada malah kamu buang sia-sia hanya karena nuruti masa berduka. Semoga cepat move on ya!