Menunda : penyakit yang harus kamu singkirkan sekarang juga!

Nanti aja deh, masih minggu depan kok!

 

Pernah nggak kamu mengalami nggak enaknya ngerjain tugas sampai tengah malam? Atau nilai yang jeblok hanya karena kamu lupa mengerjakan tugas? Jika kedua hal ini kamu alami, kemungkinan besar kamu sukanya nunda nih! Biasanya alasan menunda bersembunyi dibalik kalimat “Ah ntar juga bisa kok” atau “Masih lama dikumpulinnya!”. Selanjutnya yang terjadi adalah udah kepepet waktu dan nggak ngerjain sama sekali, semua ini terjadi hanya karena kamu suka menunda!

 

Kenapa kita suka menunda?

Nggak ada asap tanpa api, begitupun dengan kebiasaan yang kamu miliki. Biasanya yang banyak dijadikan alasan adalah kamu merasa masih punya banyak waktu. Bisa jadi karena tugasnya baru dikumpulkan dua minggu lagi kamu bisa santai tanpa melihat dulu apa tugasnya. Apalagi jika yang jadi tugas harus dikerjakan dengan kelompok yang nggak saling peduli. Bisa gawat nih!

 

Mau berhenti? Coba tulis apa aja yang harus kamu kerjakan dulu

Saat menunda, kamu cenderung melupakan apa saja hal-hal yang penting makanya untuk mencatat dengan jujur apa yang akan kamu lakukan itu wajib! Dengan mengetahui seberapa besar bebanmu dan apa konsekuensinya jika kamu terus menunda, otomatis kamu akan lebih termotivasi untuk memulai.

 

Ajakin teman supaya kamu nggak tambah malas!

Jika waktu bukanlah alasanmu untuk nggak segera memulai, biasanya faktor teman yang berpengaruh. Kalau kamu lebih suka ditemani saat mengerjakan tugas nggak masalah kok, ajak aja temanmu sama-sama nyicil mana aja yang bisa diselesaikan.

 

Semua berawal dari kebiasaan

Bisa santai setiap sore sambil menonton TV atau sekedar nonton video lucu di YouTube emang menyenangkan. Tapi gimana kalau tiba-tiba teringat ada tugas yang belum dikerjakan? Ah pasti mood langsung berantakan! Nah daripada kamu punya beban mental yang besar, coba deh kurangin kebiasaan yang nggak bermanfaat, cukup terapkan kebiasaan untuk nyicil dulu aja satu lembar tugas, lalu keesokan harinya ngerjain dua lembar, dan seterusnya. Dijamin rasa malas akan pergi sendiri kok!

 

Nggak ada yang bilang kalau mengubah kebiasaan itu mudah, tapi jika kamu mencoba terus pasti ada hasilnya. Jika kamu udah terbiasa untuk mengerjakan tepat waktu dan nggak menunda apapun, saat udah lulus nanti dijamin akan membuat aktivitasmu lebih lancar! Jadi, pastikan setelah membaca artikel ini kamu bisa langsung menerapkannya ya!