Sebagai anak sekolah, kita diharapkan selalu bisa belajar dengan baik dalam keadaan apapun dan semua materi bisa kita cerna. Bahkan ketika kadang merasa bahwa beban yang diberikan oleh guru dan sekolah membuat kita stress, harus dipaksa nih agar terus belajar. Nah kalau kamu masih penasaran gimana caranya agar belajarmu bisa lebih baik, simak poin-poin berikut yuk!

Jangan pernah malu bertanya

Sadar atau tidak, salah satu kebiasaan buruk kita adalah masih adanya gengsi untuk menanyakan sesuatu pada orang lain. Entah karena takut ditertawakan atau kita malas, yang pasti nggak bertanya ketika di kelas pada guru akan membuat proses belajar kita juga terganggu lho! 

Bukan cuma kegiatan yang harus dijadwal, jam belajar juga perlu!

Apa jadinya kalau kegiatan yang kamu lakukan nggak teratur waktunya? Ada berapa banyak waktu yang terbuang hanya karena kamu nggak bisa menjadwal dengan baik?  Nah salah satu langkah agar belajar tetap bisa maksimal adalah punya jadwal sendiri yang taat kamu jalani. Kamu bisa mulai mengatur waktu untuk belajar misal setiap jam 7 malam atau bahkan sore hari.

Daripada jenuh, pastikan ada jeda setiap 20 menit

Saat otak kita bosan, apapun yang ada di hadapan kita terasa lebih lama dan bikin ngantuk. Memang belajar butuh konsentrasi tingkat tinggi, namun kita harus tetap realistis. Nyatanya waktu optimal kita untuk belajar dengan konsentrasi penuh nggak lebih dari 20 menit, maka dari itu memberikan jeda 5 menit aja tiap 20 menit kita belajar itu penting!

Ciptakan singkatan sendiri saat menghafal

Saat kita berhadapan dengan materi yang banyak membutuhkan hafalan istilah daripada berusaha untuk mengikuti aturan yang ada di buku, kini saatnya kamu bisa kreatif dengan membuat beberapa singkatan sendiri. 

Ceritakan ke teman apa yang kamu pelajari

Mengulang apa yang kamu pelajari nggak harus ditulis kok, tapi kamu juga bisa menceritakannya ke orang lain dan kalian pun bisa bertukar materi belajar! Membuat belajar jadi lebih maksimal ternyata juga seru kan?

Satu hal lagi yang nggak boleh dilupakan adalah kita harus tetap fokus pada apa yang kita lakukan, walaupun materi cukup berat yakinkan kalau kamu bisa melakukannya dengan baik. Punya mindset yang positive akan membuat energi dalam tubuh juga mendukung!