Punya kesempatan bisa kuliah di luar negeri memang jadi impian bagi sebagian besar orang, untukmu yang beruntung mendapatkan hal ini tentu harus punya pertimbangan yang matang. Selain dari segi ingin mendapatkan ilmu yang lebih, nggak bisa dipungkiri masalah finansial juga jadi pertimbangan yang harus kamu pikirkan matang-matang. Dengan mendapatkan pendapat dari banyak pihak kamu juga bisa menentukan mau ke negara mana akan singgah untuk belajar. Simak dulu yuk poin-poin kita berikut ini!

 

Kesehatan fisik harus kamu utamakan, jangan sampai cuacanya mengganggu!

Tinggal di negara tropis dengan cuaca yang hanya dua jenis membuat badan kita akan jadi lebih manja saat kena musim dingin. Memang semua bisa diatasi dengan pakaian yang sesuai, tapi kalau sampai kamu harus mengorbankan kesehatan dalam jangka waktu panjang, sepadan nggak nih nantinya? Daripada berbulan-bulan kamu malah sakit lho.

 

Mulai dari kebijakan sampai konflik yang terjadi harus kamu pahami

Nggak ada negara yang nggak punya konflik, apalagi kalau negaranya punya aturan yang ketat dengan penduduk yang progresif. Sebelum memilih, pastikan kamu udah mengetahui ada permasalahan apa aja yang ada di negara tersebut, jangan sampai kamu nantinya terjebak disana dan nggak bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat!

 

Potensi orang berbeda-beda, jangan sampai salah pilih universitas

Saat memilih untuk terjun ke dunia kampus internasional, pastikan juga kamu mengerti bagaimana ranking dari kampus yang kamu pilih. Bisa jadi jurusan yang ada di kampus pilihan ternyata punya ranking yang lebih rendah daripada tempat yang lain. Belajarmu juga jadi nggak maksimal deh ntar!

 

Kenali lingkungan yang ada di sekitar kampus pilihan

Selain cuaca, kebijakan dan university ranking kamu juga harus mengetahui seluk beluk dari lingkungan kampus nanti. Carilah berbagai opini dari kakak kelas yang mungkin sudah pernah merasakan kuliah di luar negeri, hal ini akan membuatmu siap secara mental.

 

Memberanikan diri untuk menimba ilmu sampai jauh adalah sebuah keputusan yang berat dan penuh resiko, tapi kalau nggak dicoba nggak akan tau juga kan? Semoga beberapa poin diatas bisa memberikanmu pencerahan ya! Selamat belajar!