Dengan nilai yang diatas rata-rata, kemampuan akademik pasti udah nggak dipertanyakan lagi, tapi kalau ternyata sikapnya nggak bisa diajak kerjasama dan seenaknya sendiri mau nggak sih berteman dengan orang yang seperti ini? Sebagian besar dari kita akan menjawab ‘tidak’, begitu pun dengan lembaga yang menyelenggarakan program beasiswa. Banyak lho pertimbangan  yang harus ditempuh agar lembaga bisa memberikan dana bagi para kandidatnya, karena attitude itu penting banget! Selain persyaratan formal, ada beberapa faktor yang bisa membantumu mendapatkan beasiswa lho. Simak yuk!

 

Banyak terlibat dengan kegiatan organisasi

Semakin banyak pengalaman yang kita lalui, semakin banyak juga cara pandang kita dalam menghadapi masalah. Dengan banyaknya kegiatan yang kamu miliki, menunjukkan mudahnya kamu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, tentu hal ini akan jadi nilai plus. Karena penyelenggara beasiswa juga bisa mempercayakan dananya dipakai oleh orang yang reliable.

 

Punya personal-branding yang oke

Di era teknologi seperti saat ini, keberadaan social media bukan hanya untuk eksistensi diri tapi juga bagaimana kita membentuk personal branding. Siapa bilang image di dunia maya itu nggak penting? Banyak lho lembaga beasiswa bahkan sampai perusahaan yang mengecek dulu latar belakang kandidat karyawan atau penerima beasiswanya melalui social media. Masa iya mereka mau memberikan kepercayaan pada orang yang nggak bisa menjaga image dengan baik?

 

Terbiasa berpikir kritis

Saat kamu dihadapkan pada suatu masalah, kamu udah terbiasa untuk nggak gegabah dalam memutuskan akan bersikap seperti apa. Berpikir kritis artinya kita bisa mengerti masalah dari berbagai sisi dan bisa nggak asal menghakimi. Karakter ini diperlukan sampai kamu dewasa dan tentu akan jadi bahan pertimbangan bagi penyelenggara beasiswa.

 

Udah punya fokus pada hal tertentu

Saat apply beasiswa, biasanya kita diminta untuk menuliskan essay  dengan topik tertentu sesuai dengan kemampuan kita. Penyelenggara beasiswa juga akan menilai berdasarkan kemampuanmu saat menjabarkan topik, bahkan lebih baik jika kamu udah mulai perhatian pada bidang yang tertentu.

 

Memang apa yang kita lakukan sehari-hari nggak ada ‘nilai’ yang terlihat, tapi bagaimana sikap kita adalah cerminan karakter yang kita bawa seterusnya. Makanya kamu wajib melatih diri agar punya attitude yang baik, nggak akan terlewat kok sama pihak penyelenggara beasiswa!