Tahun ini Tanah Air kita tercinta berulang tahun yang ke-74, apakah kamu termasuk yang merayakannya dengan ikut ambil bagian menjadi petugas upacara? Walaupun sudah berlalu tapi nuansa kemerdekaan yang ada di sekitar kita masih terasa apalagi dekorasi yang ada di lingkungan. Bicara tentang bagaimana kita merayakan HUT ini tentu nggak bisa jauh-jauh dari upacara setiap tahun yang diadakan di Istana Negara, apalagi ketika melihat para pasukan pengibar bendera yang melaksanakan tugasnya dengan khidmat. Dibalik itu semua mereka juga menjalani latihan yang super ketat lho! Intip deh beberapa poin dibawah ini!

 

Harus siap dengan aturan yang ekstra ketat    

Proses untuk menjadi anggota paskibra memang tidak selalu mulus, banyak hal yang harus jadi pertimbangan salah satunya adalah siap dengan aturan yang ada. Proses untuk bisa melangkah di Istanda Negara merupakan hasil dari patuhnya paskibra pada saat latihan dan karantina sebelumnya. Aturan yang ada meliputi latihan fisik dan juga mental dan dilaksanakan di tempat yang minim banget toleransi kecerobohan.

 

Punya wawasan yang luas tentang sejarah Indonesia

Nggak kenal maka tak sayang juga bisa jadi prinsip yang harus ditaati oleh para calon paskibraka dalam melaksanakan tugasnya. Selain mengibarkan dan membawa bendera merah putih, para anggota paskibra ini juga harus mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia dengan baik. Punya pengetahuan terhadap hal ini otomatis membuat pekerjaan yang akan dilakukan penuh dengan penghayatan.

 

Fisik yang kuat dan tahan banting

Latihan berjam-jam setiap hari tentu harus dilakukan, nggak hanya dilakukan di lapangan para anggota paskibraka ini juga harus bangun super pagi untuk latihan fisik. Dengan banyaknya olahraga yang dilakukan, mental mereka makin kuat untuk menyambut tugas yang penting dan sakral ini.

 

Punya mental yang stabil

Jangan salah, walaupun tugasnya sudah punya aturan yang jelas tapi saat ada kesalahan harus segera bisa diatasi dengan baik. Maka dari itu selain harus hafal dengan aturan baris-berbaris para pasukan ini wajib punya mental yang stabil.

 

Setelah membaca poin-poin diatas kira-kira tahun depan mau nggak nih untuk daftar jadi salah satu anggota paskibra? Pasti bangga deh kalau bisa menjadi salah satu bagian dari perayaan ini, belum lagi banyak peluang terbuka saat kamu jadi alumninya!