Nggak punya 'geng' saat di sekolah? Nggak usah khawatir! Jadi diri sendiri aja udah cukup kok!

Sendirian bukan berarti kesepian

 

Sadar atau enggak, kita selalu punya ‘tuntutan’ untuk bersama terus dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Tentu hal ini baik untuk kesehatan mental dan juga pasti kamu senang jika punya banyak orang sebagai teman berbagi. Namun sayangnya kadang kita jadi ketergantungan untuk terus bersama teman-teman dalam satu geng yang itu-itu aja.  Jika kamu memutuskan untuk sendirian, mungkin ada yang akan menghakimimu. Biar tambah semangat walaupun nggak punya ‘geng’, simak dulu poin-poin berikut yuk!

 

Mencintai diri sendiri itu penting banget!

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri yang penting, dari banyak waktu yang kita habiskan dengan teman-temanmu, ada berapa banyak waktu untuk diri kita sendiri? Jangan salah, mengenal dan saying sama diri sendiri akan jauh membuatmu lebih nyaman nantinya melakukan apapun. Kamu nggak perlu konfirmasi orang lain tentang apa yang kamu lakukan.

 

Punya space dengan orang lain nggak masalah kok

Memilih untuk sendiri berarti memberikan ruang-ruang yang nyaman bagi diri sendiri untuk bebas, walaupun nantinya ada beberapa orang yang terkesan menjauh darimu nggak masalah kok. Toh nantinya hanya akan ada orang-orang yang benar-benar peduli padamu menjadi lebih dekat.

 

Lebih bebas dan anti ribet!

Suka punya rencana jalan tapi akhirnya batal hanya karena teman-temanmu nggak setuju? Atau kamu pengen banget pergi ke konser tapi nggak jadi hanya karena temanmu nggak suka? Well, selain itu adalah red flag dari toxic friendship, dengan sendirian kamu bisa bebas kemanapun dan nggak perlu ribet dengan orang lain lho.

 

Belajar untuk sendirian akan membuatmu lebih mandiri

Punya geng memang menyenangkan, kita bisa berbagi cerita apa saja dan mungkin kapan saja. Tapi apa yang terjadi jika justru kamu malah ketergantungan dengan keberadaan seseorang? Ada berapa banyak kesempatan yang terlewat jika kamu memutuskan untuk menuruti kata teman? Berani untuk sendiri akan membuatmu lebih mandiri dan nantinya pasti berguna untukmu saat dewasa.

 

Nah, terbukti kan ternyata banyak juga manfaat dan hal menyenangkan yang akan kamu dapatkan jika memutuskan untuk belajar sendirian? Selain poin-poin diatas, kira-kira apa yang bisa kamu tambahkan? Kita tunggu komentarmu dibawah ya!