Dengan banyaknya jumlah lulusan yang meningkat tiap tahun, wajar jika banyak yang mengira lapangan pekerjaan makin sempit. Makanya mulai sekarang kamu pun harus serius akan lanjut ke jurusan yang mana saat SMA nanti. Mau ke IPA atau IPS nih? Dengan pertimbangan yang matang, setelah lulus nanti kamu juga nggak bingung dengan prospek kerja kan? Untukmu yang memilih berjuang di jurusan IPS, berikut ada beberapa bidang yang membutuhkan orang sepertimu lho!

 

Lanjut ke jurusan komunikasi dan menekuni bidang media

Saat ini nggak bisa dipungkiri, kehadian media dalam bentuk apapun sangat dibutuhkan. Mulai dari beritanya yang penting sampai hiburan dengan banyaknya peluang, kerja di media adalah salah satu pilihan tepat. Apalagi untukmu anak IPS yang biasanya udah banyak membaca, dengan pengetahuan yang luas kerja di bidang ini nggak rugi kok!

 

Tertarik dengan dunia pendidikan? Bisa banget jadi guru 

Tanpa pendidikan yang layak, otomatis nggak akan tercipta generasi yang baik makanya menaruh perhatian pada dunia pendidikan penting dilakukan oleh siapapun. Kalau kamu punya keinginan lebih dan ingin jadi guru, maka jadi anak IPS adalah pilihan yang tepat! Dengan pengetahuan yang kamu miliki, peluang menjadi seorang guru makin besar!

 

Terbiasa menghadapi birokrasi, kamu juga cocok untuk masuk ke dunia bisnis & manajemen

Jago ketik-ketik dan bisa cepat beradaptasi dengan berbagai aturan yang ada di tempat baru? Kalau iya berarti selamat! Kamu adalah anak IPS yang juga akan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dalam bidang manajemen. Selain bisa ngurusin administrasi dengan baik, anak IPS yang betah membaca bisa membuat sebuah perusahaan lebih aware terhadap lingkungan sekitarnya.

 

Punya interpersonal skill yang baik, kalau masuk tim HRD juga oke banget!

Departemen yang satu ini memang membutuhkan perhatian lebih, karena merekalah yang bertugas untuk merekrut siapa aja orang yang masuk ke perusahaan dan ada dalam posisi yang mana. Anak IPS punya peran penting lho saat proses ini.


Selama kita bisa punya komitmen yang tinggi dan serius saat mendalami ilmu, pasti hasilnya terlihat kok saat cari kerja. Karena perusahaan juga nggak hanya menilai dari nilai, tapi gimana attitude yang kamu tunjukkan nantinya. Kira-kira mau terjun ke bidang apa nih?