Untuk membentuk tim yang solid perlu waktu

 

Salah satu hal menyenangkan yang bisa jadi hiburan dari pelajaran yang menjenuhkan adalah keberadaan teman yang bisa menemani kita. Pertemanan adalah hal yang membuat kita juga nyaman saat di sekolah, apalagi jika teman kita termasuk orang yang bisa membuat pribadi lebih baik. Nah jika kamu udah merasa menemukan ‘soulmate’ dalam hubungan pertemanan ini kenapa nggak coba untuk membuat hubungan kalian jadi teman kerja? Siapa tau nantinya bisa punya usaha bareng yang menguntungkan! Kedengarannya menyenangkan sih, tapi pastikan kamu udah melakukan hal-hal berikut ya!

 

Sepakati komitmen yang akan kalian jalani

Komitmen yang tinggi nggak hanya berlaku saat kamu punya pasangan nantinya, tapi juga saat memulai usaha udah harus ada semangat yang tinggi untuk memulai bersama. Kamu juga bisa kok bikin kontrak sendiri dengan tujuan menghindari kesalahpahaman nantinya.

 

Bagi tugas dan saling mengingatkan itu penting

Saat kita buka usaha dengan teman, hal yang biasanya mengganggu adalah adanya rasa sungkan untuk saling mengingatkan. Bahkan kadang mengingatkan untuk sekedar tepat waktu aja bingung, takut nanti yang bersangkutan malah marah. Nah hal-hal seperti ini yang harus disepakati, jangan sampai membuat usaha yang dibangun malah berantakan hanya karena nggak bisa professional.

 

Udah siap untuk transparan tentang uang

Karena hasil kerja yang didapatkan adalah usaha bersama, maka untuk pembagiannya pun harus adil dan bisa membuat teman kerja kita nyaman. Dengan catatan yang dimiliki, pastikan apa yang didapatkan bisa menguntungkan untuk semua yang terlibat. Nggak usah takut untuk menanyakan jatah uang, karena itu kan udah jadi hak kamu!

 

Pastikan udah punya sistem administrasi yang baik 

Nggak ada usaha yang mulus berjalan tanpa pembukuan yang baik, walaupun hanya berupa catatan-catatan sederhana, sistem yang baik bisa membantu usaha berkembang. Belum lagi kalau usaha yang kamu jalani punya potensi besar. Jangan sampai kelewatan deh!

 

Bisa punya kesempatan untuk membuat usaha bareng teman itu nggak boleh disia-siakan, selain bisa membuatmu punya pengalaman kerja dengan orang lain, pertemanan kalian juga bisa makin erat lho! Menurutmu oke nggak sih kerja bareng teman sendiri? Atau lebih memilih buka usaha sendiri dulu?