Saat dengar kata business-person, nggak bisa dipungkiri hal pertama yang tergambar adalah orang  yang punya banyak uang, usaha yang lancar dan punya koneksi orang-orang penting. Nggak salah kalau kita mengaitkan kata tersebut dengan hal yang bisa dilihat oleh mata, namun sadar nggak sih kalau apa yang dicapai adalah hasil dari kerja keras selama beberapa tahun sebelumnya? Belum lagi untuk bisa mencapai kesuksesan juga memerlukan banyak proses belajar dan kebiasaan baik yang konsisten diterapkan. Nah kamu juga bisa latihan kok dari sekarang agar nantinya bisa jadi pengusaha yang sukses!

Punya jadwal teratur itu wajib!

Walaupun apa yang kamu lakukan masih seputar kegiatan sekolah seperti janjian kerja kelompok, ekstra kurikuler dan juga ikutan project bareng teman bukan berarti kamu nggak bisa membentuk kebiasaan baik untuk disiplin waktu. Saat kamu terbiasa untuk punya jadwal yang teratur otomatis saat ada tambahan kegiatan yang penting udah nggak bingung lagi deh!

Paham skala prioritas dan konsisten menjalaninya

Dengan banyaknya hal yang harus diurusin sendiri nantinya, kamu harus bisa membuat jadwal yang rapi plus mengerti mana yang harus dikerjakan duluan. Bukan hanya membuat to-do list setiap hari tapi berusaha menjalaninya dengan konsisten juga penting lho!

Investasi pada teman itu penting!

Saat kumpul bareng orang lain, pastikan kamu bisa mendapatkan hal baru baik itu bahan obrolan yang bisa membuka wawasan atau bahkan potensi bisa mengerjakan sesuatu yang produktif bersama. Bukan maksud pilih-pilih lho! Tapi memilih teman juga penting untuk diri sendiri, udah sering kan dibilangin kalau kita adalah hasil dari lingkungan yang ada di sekitar?

Nggak gengsi untuk belajar terus

Seiring bertambahnya umur, tentu pengetahuan juga bertambah tapi bukan berarti saat udah merasa lebih tua kamu bisa sok tau semuanya! Justru makin lama harusnya kamu makin merasa nggak ngerti apa-apa dan harus terus belajar dari berbagai sumber.

Jadi pemilik usaha nggak melulu harus punya modal yang melimpah, banyak pengusaha yang akhirnya bangkrut juga hanya karena gagal dalam mengatur kehidupannya sendiri. Maka dari itu membentuk kebiasaan baik yang bisa mendukungmu untuk berbisnis juga penting diterapkan mulai saat ini. Udah siap belum nih membentuk karakter jadi pengusaha yang baik?