Olahraga sangat erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Karena olahraga memiliki banyak manfaat seperti, menjauhkan kita dari beragam penyakit, membuat tubuh lebih tegap, merangsang pertumbuhan ideal, meningkatkan daya berpikir, dan meningkatkan nafsu makan. Namun, jika kita malas untuk berolahraga maka kita akan sangat rentan untuk terserang penyakit. Berolahraga itu tidak harus yang berat-barat seperti halnya pergi ke tempat gym, tapi dapat juga dilaksanakan di rumah seperti halnya senam dengan keluarga maupun aktivitas lainnya seperti membersihkan rumah. Yang penting tubuh sudah bergerak dan juga keringat sudah keluar.

Tapi saat ini masih saja ada beberapa orang terutamanya anak millenial yang mengabaikan waktu untuk berolahraga. Entah itu karena sibuk atau karena sifat mager (malas gerak) dan terkadang mereka menganggap olahraga itu membosankan. Menurut penelitian dari WHO (World Health Organization) bahwa ada penyakit yang dinamakan “Sedentari’. Penyakit ini masuk dalam sepuluh besar penyakit mematikan di dunia. Perlu diketahui penyakit ini banyak menyerang anak zaman sekarang. Dan juga, penyakit ini dapat menyebabkan orang  obesitas.

Seperti halnya hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan lebih dari 24% penduduk Indonesia menjalani perilaku hidup sedentari selama lebih dari 6 jam per hari.  “Perilaku sedentari adalah pola hidup atau kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tidak banyak bergerak.

Meskipun dari data di atas masih menunjukkan angka yang masih terbilang kecil, namun itu tidak boleh disepelekan. Mengapa demikian? Karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa angka ini akan naik ataupun turun. Namun sebaiknya kita kurangi angka itu dengan cara rutin berolahraga.

            Jadi sudah sepatutnya kita meningkatkan kesadaran betapa pentingnya berolahraga, walaupun hanya dilakukan 10 menit. Asalkan kita rutin melakukannya setiap hari. Karena kita tahu sendiri bahwa olahraga itu memiliki banyak manfaat. Dan untuk mengatasi masalah bosan pada saat olahraga teruamanya pada anak millenial, dapat dilakukan dengan cara memaminkan permainan tradisional seperti engklek, engrang, dan juga bentengan. Walaupun permainan ini sangat simple namun banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Ingat bahwa kesehatan itu mahal.