Pramuka adalah kami, mungkin itulah semboyan yang akan terus terukir di dalam hati anak anak pramuka disekolah ku, begitu juga aku.  Aku hasbi, siswa yang saat ini duduk dibangku kelas 12 di MAN Kota Pariaman, hubungan yang erat terjalin antara aku dan juga pramuka . Hari yang panjang berlatih dan juga mengejar target, tak tertinggal aku dan rekan rekan satu organisasi dengan penuh semangat terus menanti akan datangnya hari  diman kami akan pergi untuk bertarung sebagai PRAMUKA INDONESIA.

Tanggal 17 sampai 25  November 2019, saatnya kami pramuka, gudep MAN kota pariaman berangkat menuju Pertikawan nasional 2019, yang di adakan di cibubur.

 

PERTIKAWAN atau Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wana bakti Tingkat nasional tahun 2019 adalah kegiatan untuk memberikan wadah kegiatan dan penyaluran bakat para pramuka pandega anggota saka Kalpataru dan Saka Wanabakti. Kegiatan ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan secara khudsusdi bidang lingkungan hidup sehingga dapat terwujudnya sasaran utama yakni bumu yang bersih, indah, terawat, rindang tan juga terjaga.

 

Sangat bangga itulah adalah ungkapan yang selaras dengan rasa haru. Kontingen sekolahku terpilih menjadi perwakilan dari Kota Pariaman untuk ikut kegiatan yang akan di ikuti oleh ribuan anggota pramuka dari berbagai daerah di Indonesia . Hasbi , Ilfan,Ilham,Aziz,Raja, Wahyu,Ihsan, Divo,Redha,AmandaSalsa,Yasyfin,Indah,Fitra,Rifza

Berangkat dari Bandara Internasional Minang kami melaju menuju bandara Ir soekarno yang kemudian akan pergi ke Cibubur.

Itu adalah perjalanan panjang yang memberi kesan mendalam , kegiatan yang penuh dengan pelatihan sosialisasi, solidaritas, toleransi, dan kepercayaan diri.. Pengalaman yang juga amat berharga pun akan terbawa pulang bersama dengan waktu dan masa yang berlalu. Harapan kecil agar bisa menghadiri dan ikut serta dalam kegiatan ini lagi. Mungkin begitulah gambaran kebanggan ku, hasbi sebagai seorang pramuka . Dan sebagai bagian dari PERTIKAWAN NASIONAL 2019.