Bisa mencicipi dunia kerja saat masih sekolah itu berharga!

 

Kombinasi antara hard skill dan soft skill akan selalu dibutuhkan dimanapun kita berada terutama saat nantinya sudah mendapatkan pekerjaan. Tentu untuk mengembangkan kedua hal ini memerlukan tempat dan waktu yang tepat. Salah satunya adalah saat kita bisa mendapatkan kesempatan untuk magang, baik itu di perusahaan besar ataupun dalam skala  yang lebih kecil apapun bentuknya magang saat sekolah itu berharga lho! Dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan tentu bisa membuatmu lebih baik nantinya saat benar-benar sudah bekerja. Nah jangan sampai lupa untuk melakukan hal dibawah ini ya!

 

Siap mental itu wajib!

Hal yang pasti akan kamu rasakan langsung adalah betapa berbedanya suasana kantor saat bekerja dengan suasana sekolah bahkan pada saat ujian. Di tempat magang kamu udah harus serba bisa, dan siap dimarahin tanpa ada yang membela. 

 

Penasaran itu harus, tapi wajib tau waktu

Wajar saat kamu memulai pekerjaan ingin mengetahui bagaimana melakukannya dengan tepat, namun kadang banyak bertanya justru menunjukkan nggak ada inisiatif yang kamu miliki lho! Jadi pastikan jangan menanyakan yang udah jelas ya!

 

Datang ke tempat baru layaknya gelas kosong

Sebagai anak muda yang ‘numpang’ untuk cari ilmu dan pengalaman, tentu bukan hal yang baik jika diawali dengan sok ngasih tau. Saat magang bukan saatnya untuk pamer tentang apa yang kamu miliki, tapi bagaimana kita bisa menyerap ilmu dari masing-masing bagian.

 

Memberikan saran boleh kok, tapi pastikan bukan menggurui

Saat punya opini kita bebas mengutarakannya, tapi sayang kadang kita masih belum paham bagaimana caranya agar tetap santun. Dengan menggunakan kata yang sopan dan menyampaikan terima kasih, dijamin apa yang kamu sampaikan jauh dari kesna menggurui.

 

Tepat waktu itu wajib kapanpun!

Banyak yang bilang kalau ngaret udah termasuk dalam budaya orang Indonesia, tentu hal ini nggak menyenangkan saat terjadi padamu. Oleh karena itu saat magang kamu wajib menerapkan disiplin waktu agar nggak meneruskan ‘budaya’ ini.

 

Nggak semua orang bisa mendapatkan kesempatan magang saat sekolah, biasanya waktu ini datang saat ada liburan panjang ataupun ada program tertentu yang bisa diikuti. Bisa menempatakan diri dan punya attitude yang baik juga jadi salah satu faktor penentu apakah waktu magangmu nanti bisa bermanfaat untuk masa depan. Kira-kira kamu tertarik nggak sih untuk magang?