Jangan sampai waktu hanya habis untuk main sosmed saat belajar!

 

Masa sekolah nggak hanya membuat kita banyak mempelajari ilmu-ilmu yang luar biasa, tapi juga bisa membuat kita mempraktekkan banyak hal penting dan berguna untuk masa depan. Nggak hanya ngomongin tentang pertemanan lho, waktu sekolah juga bisa membuatmu praktek manajemen waktu dengan baik plus menetapkan skala prioritas agar nggak salah langkah. Saat belajar pun kamu harus bisa memaksimalkannya dengan baik. Udah merasa tertantang belum nih agar waktu belajar nggak sia-sia? Simak poin kita berikut ini yuk!

 

Walaupun sepele, persiapan itu penting!

Senang kalau kamu berada di lingkungan yang berantakan? Bakal tenang nggak kira-kira kalau alat tulis yang bisa membantumu belajar malah hilang entah kemana saat dibutuhkan? Saat kamu ingin belajar dengan baik pastikan apa yang kamu butuhkan tersedia. Jangan sampai waktu habis hanya untuk mencari barang yang bisa kamu siapkan jauh-jauh hari.

 

Coba tulis ulang saat membaca materi

Menulis dengan tangan sampai kapanpun punya manfaat yang lebih untuk otak kita daripada mengetik. Karena saat kita menuliskan apa yang kita lihat, kita juga sedang ‘menulis’ di otak kita, jadi saat kamu ingin konsentrasi, pastikan ada kertas dan bolpoin untuk membantumu. Dengan membuat poin-poin sederhana saat belajar kamu akan lebih mudah konsentrasi kok!

 

Ciptakan lingkungan yang mendukung

Rasanya percuma deh kalo udah niat banget belajar tapi keadaan sekitar kita berisik, atau malah teman  yang kita ajak belajar malah sibuk main Instagram. Langkah awal untuk belajar maksimal adalah memastikan lingkungan kita juga bisa mendukung, jadi jangan ragu untuk datang sendirian ke perpustakaan untuk belajar, yang penting kamu nyaman!

 

Usahakan punya waktu yang konsisten untuk belajar

Dengan jadwal yang teratur, kamu lebih bisa membagi waktu. Misalkan aja saat ada break setelah pulang sekolah, usahakan istirahat dulu, baru nanti malam setiap jam 7 kamu bisa langsung belajar. Punya jadwal teratur juga akan membuat tubuhmu punya ‘alarm’ sendiri lho!


Dengan menerapkan skala prioritas dengan pas, apapun yang akan kamu kerjakan nantinya bisa selesai dengan baik. Saat kamu ingin punya waktu belajar yang maksimal, pastikan kamu bisa menerapkan tips diatas ya! Good luck!