Pengen punya bisnis tapi masih bingung mau menjalaninya dalam bidang apa? Memang untuk membuka usaha butuh lebih dari sekedar nekat, kita perlu mindset dan mental yang kuat. Namun nggak jarang malah kita banyak terjebak dalam berbagai pikiran yang nggak penting dan akhirnya membuat bisnis kita nggak jalan deh. Kira-kira pola pikir apa aja ya yang nggak baik kita praktekkan saat akan membuka usaha sendiri? Cek yuk dibawah ini!

 

Terlalu lama menunggu moment

Saat ini tren mudah hilang dan berganti dengan yang baru, nggak jarang dari berbagai tren ini kamu bisa melihat peluang bisnis. Sayangnya pola pikir ini akan membuat waktumu habis menunggu moment yang pas, kalau moment yang kamu nantikan nggak kunjung datang, kapan dong mulainya?

 

Kebanyakan plan, nggak dijalankan!

Memang nggak boleh asal dalam membuat bisnis, kita juga harus membuat perencanaan matang sebagai panduan. Tapi kalau kamu adalah orang yang cenderung over thinking saat membuat rencana juga ikutan kebanyakan nih sampai lupa kapan harus segera praktek. Jangan ragu juga untuk melibatkan orang lain dalam rencanamu agar bisa saling mengingatkan dan bagi tugas ya!

 

"Modal bisnis harus banyak uang"

Memang pada akhirnya untuk menjalankan proses produksi dan distribusi memerlukan banyak modal, tapi modal yang dimaksud nggak hanya semata uang. Citra dari brand juga dilihat dari kualitas produknya sebagai modal untuk bisa berkembang, koneksi dan klien yang potensial juga modal yang penting lho!

 

"Produk ini untuk memuaskan passion-ku"

Menjalankan bisnis tanpa passion memang hampa, kita menciptakan produk atau berjualan jasa juga atas dasar punya passion kan? Tapi saat kamu udah memasarkannya pada orang banyak, idealisme yang satu ini harus dihilangkan sedikit demi sedikit agar bisa mencakup banyak orang. 

 

Untuk menjalankan bisnis memang penuh tantangan, nggak heran kalo kamu juga perlu banyak memikirkan beberapa faktor yang penting. Tapi bukan berarti kamu malah keasyikan mikir terus lho, buktinya banyak juga kan pola pikir yang justru menjebak? Jangan sampai kamu jadi salah satu korbannya ya!