Indonesia merupakan bangsa yang besar, bangsa yang terdiri dari beraneka ragam suku dan budaya, bangsa yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi serta bangsa yang bangga dengan semangat gotong royongnya yang diakui dunia. Sebagai bangsa yang besar sudah semestinya kita  menjaga kebhinekaan bangsa agar tidak terpecah belah. Oleh karena itu Kebhinekaan harus dipahami sebagai sebuah kekuatan pemersatu bangsa yang harus dipertahankan. 

Mempertahankan kebhinekaan dapat dimulai dari yang paling kongkrit yaitu keluarga, masyarakat dan tentunya lingkungan sekolah. Pendidikan merupakan faktor penting dalam mempertahankan kebhinekaan. Dari Lingkungan sekolah akan tercipta berbagai macam perbedaan dan kemajemukan. Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah sekolah mampu mempertahankan kebhinekaan yang ada? 

SMK N 1 Manado merupakan sekolah kejuruanan yang berlokasi di Jl. Pramuka No. 106 yang ada di kota Manado Sulawesi Utara.  Salah satu budaya sekoalah ini adalah SINERGI, Dimana point nya yang pertama adalah S yaitu santun dan saling menghormati. Di sekolah ini siswa diajarkan bagaimana menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada. Seluruh warga sekolah harus menjunjung tinggi nilai nilai persatuan dan toleransi, Toleransi antar umat beragama. Warga sekolah di ajarkan mengenai penanaman nilai nilai nawacita yang ada,di mana salah satu niliai nawa cita tersebut adalah mengkokohkan Bhineka tunggal ika.  Disini siswa juga di ajarkan mengenai nilai nilai karakter di mana salah satu nilainya adalah semangat gotong royong  agar dapat mempertahan persatuan yang ada.  Tujuan penanaman nilai nilai nawacita dan nilai nilai karakter di sekolah ini adalah agar siswa dapat menjadi generasi yang berkualitas untuk menuju generasi emas 2045 dan juga agar siswa mampu bersaing di era Milenium 4.0 saat ini.  Serta tak lupa juga yang paling penting adalah agar kita dapat bersatu dalam mempertahankan kebhinekaan yang ada!. 

Ingat! Bhineka tunggal ika merupakan semboyan bangsa yang memiliki arti berbeda beda namun satu jua!hal ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk yang memiliki banyak sekali perbedaan namun dari perbedaan tersebut lahirlah suatu persamaan yang mempersatukan bangsa yaitu semboyan bangsa kita. Bhineka tunggal ika bukan hanya semboyan melainkan harus dihayati dan dimaknai untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara serta mempertahankan kebhinkaan. Kita harus bersatu karena kita adalah sama SATU INDONESIA!