Makan adalah sumber energi, bukan pelampiasan!

Saat remaja tentu kita banyak mengalami perubahan fisik dan mental, apalagi saat kita juga banyak
kegiatan sekolah dan juga ekstra kurikuler maka asupan makanan juga harus cukup! Tapi kenyataannya
banyak dari kita yang hampir nggak pernah berpikir panjang tentang apa yang kita masukkan dalam
tubuh. Kita cenderung memanfaatkan porsi makanan yang besar untuk memuaskan mulut kita, padahal
nggak baik lho!

Jangan langsung makan dari kemasan
Saat membeli cemilan, hampir dipastikan kamu akan selalu menghabiskan satu bungkusnya, tanpa
melihat kandungan nutrisi yang ada di kemasan. Padahal jika diamati, satu bungkus camilan sebenarnya
disajikan untuk 2-4 porsi lho! Nah jika kamu ingin merubah kebiasaan ini, coba sediakan piring kecil
untuk mengambil camilan dalam porsi yang lebih sedikit.

Konsentrasi makan, jangan disambi!
Paling enak emang makan sambil nonton film atau sekedar scrolling Instagram, namun jika kita sampai
nggak sadar ada berapa banyak makanan yang masuk tentu hal ini nggak sehat! Untuk membantumu
mengurangi kebiasaan makan berlebihan, coba ketika makan hindari melakukan kegiatan lain ya. Jika
kamu konsentrasi terhadap apa yang kamu makan, pasti ada kemungkinan untuk ingin segera berhenti
saat merasa cukup kenyang.

Imbangi dengan minum air yang banyak
Nggak lega kalau setelah makan nggak minum, beri jarak 15 menit antara makan dan minum agar kamu
bisa lebih kenyang. Plus jangan lupa ganti air yang punya rasa-rasa manis, dengan air putih aja ya!
Kandungan gula yang ada pada minuman kemasan akan membuatmu lebih semangat untuk makan,
bukannya berhenti.

Jika ingin mengurangi makanan tertentu, jangan berlebihan ya!
Wajar jika ketika ingin benar-benar stop dari kebiasaan makan berlebih, kamu cenderung menghindari
makanan yang kamu suka, apalagi jika makanan ini yang membuatmu over-eating. Namun ternyata
siksaan mental hanya karena kamu menghindari makanan tertentu akan membuatmu lebih stress,

ujung-ujungnya kamu akan kembali ke kebiasaan lama deh! Sesekali memasukkan makanan favorit
dalam menu makananmu nggak masalah kok!

Kecenderungan terlalu banyak makan alias over-eating sering terjadi pada kita, lupa kalau apa yang kita
masukkan dalam tubuh adalah investasi kesehatan yang nggak bisa diganti. Nah jika kamu sering
menjadikan makanan adalah pelampiasan mulai sekarang coba lebih mindful yuk!