Bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri adalah impian bagi sebagian besar orang,
apalagi jika berhasil mendapatkan beasiswa! Menuntut ilmu memang nggak boleh nanggung-nanggung,
saat ada kesempatan wajib kamu manfaatkan dengan baik. Berbagai berkas dan test yang kamu lakukan
bisa jadi sia-sia saat kamu ternyata salah memilih negara atau program apa yang akan diambil, karena
emang belajar di negeri orang harus siap dari berbagai sisi nggak hanya administrasi. Simak yuk
beberapa poin kita dibawah ini!

Pastikan udah kepo ke negara mana yang akan kamu tuju
Dengan berbagai kecanggihan teknologi sekarang, tentu mencari informasi sedalam-dalamnya tentang
sesuatu bukanlah hal yang sulit. Termasuk mencari tahu tentang keadaan negara yang ingin kamu tuju,
apakah sedang ada konflik? Atau pernahkah ada kasus dengan para pelajar di Indonesia? Informasi
tentang negara yang ingin kamu tuju nggak sekedar letak geografis dan kuliner khas-nya aja lho!

Siapkan mental untuk kena culture shock
Namanya juga beda negara, pasti selain ada perbedaan letak juga banyak banget perbedaan kebiasaan
antara teman-temanmu nanti. Bisa jadi apa yang menurutmu wajar menurut orang lain adalah sesuatu
yang aneh, begitu juga sebaliknya. Pastikan kamu udah siap untuk melihat hal ini dan nggak
menjadikannya bahan debat.

Pikiran harus selalu terbuka
Saat menghadapi orang yang baru, tentu kita harus bisa memberikan respon yang baik tanpa
menghakimi, begitupun saat berada di negeri orang. Sebelum memilih kamu juga harus kepo tentang
bagaimana kebiasaan masyarakat yang ada disana dan siap menerima perbedaan yang ada. Kelebihan
dari bisa ke luar negeri adalah pikirannya yang terbuka, kan?

Punya study plan yang matang
Nggak ada salahnya kok kalo kamu memutuskan untuk bersenang-senang saat berada di luar negeri, tapi
jangan sampai lengah! Justru dengan jadwal kuliah yang padat, kadang nggak banyak waktu tersisa

untuk main lho. Pastikan kamu udah punya rencana belajar yang matang dari awal, jangan sampai
berujung pada bingungnya mepet deadline tugas akhir.

Hal yang harus diingat, apa yang akan kamu jalani nanti adalah bentuk belajar yang unik dan nggak
semua orang bisa melaksanakannya. Sayang banget kalau nanti kamu malah jadi orang yang close-
minded karena nggak siap dengan perubahan yang ada. Negara mana nih yang akan kamu pilih?