Andaikata tim kami lolos seleksi Boot Camp Creator Muda Academy, kami akan membuat mading dengan judul “SEMUA SISWA ITU CERDAS DAN BERHARGA.” Adapun tujuan dari pembuatan mading ini adalah pengenalan dan penghargaan sikap kepada diri sendiri maupun orang lain.

Ketika kita mendengar kata “keberagaman” pasti tidak sedikit dari kita yang mengaitkannya dengan SARA. Apakah keberagaman hanyalah sekedar ragam suku, budaya, ras, adat istiadat atau kepercayaan? Tentu saja tidak! Keberagaman juga mencakup hal-hal lain. Misalnya, setiap siswa pasti memiliki kepribadian, cita-cita, kebiasaan, dan kegemaran yang berbeda satu sama lain. Apakah perbedaan itu harus menjadi pembatas di antara kita?

 

Eko memiliki hambatan dalam bersosialisasi dan tidak mampu berbicara dengan efektif bila dibanding dengan teman-teman sebaya di sekolah. Oleh sebab itu, banyak orang yang suka mempermainkannya, namun secara halus, sehingga Eko tidak menyadarinya. Walaupun begitu, Eko masih menganggap mereka sebagai sahabat dan kesulitannya tidak membuat Eko putus asa. Mereka tidak sadar bahwa dibalik keterbatasannya, Eko adalah seseorang yang sangat hebat. Dia sangat pandai dalam bidang komputer, dia bahkan pernah membantu seorang guru memperbaiki laptopnya. Selain itu, dia juga teman yang sangat perhatian. Ketika seorang teman sekelasnya sakit, dia yang pertama kali datang untuk menjenguk. Eko merupakan pribadi yang unik, tetapi kami juga tidak akan mengetahui hal itu apabila kami tetap segan untuk berteman dengannya. 

 

Jadi, apakah perbedaan itu sebuah pembatas? Ya, pastinya tidak! Tetapi kami sadar bahwa terdapat banyak siswa lain yang diperlakukan seperti Eko karena kekurangannya, tidak hanya di sekolah kami, tetapi juga di sekolah lain. Oleh sebab itu, kami merasa konsep mading yang akan kami angkat memiliki nilai penting bagi siapapun yang membacanya karena kami ingin menyampaikan pesan bahwa meskipun semua orang memiliki sifat dan sikap yang beragam, baik itu merupakan kelemahan atau kelebihannya, semua orang itu patut dihargai. Apabila Tuhan melihat semua umatnya berharga, maka kita
juga bisa memandang semua orang sama berharganya. Selain mengikuti lomba ini, kami ingin membawa kesadaran terhadap topik ini melalui aksi konkrit. Apabila kami terseleksi Boot Camp Creator Muda Academy, maka kami akan mengadakan workshop diantara teman-teman sekolah kami. Pada workshop itu, kami akan mengadakan berbagai permainan yang dapat membantu masing-masing peserta untuk mengenal kelemahan dan kelebihan diri sendiri agar mereka dapat menerima kelemahan dan kelebihan orang lain.