Niat udah terkumpul nih untuk mencoba jadi seorang entrepreneur alias pengusaha! Berarti langkah selanjutnya adalah melihat peluang yang bisa kamu masuki sesuai dengan passionmu. Apakah kamu tertarik untuk menjual jasa yang minim modal? Atau kamu ingin jualan produk aja nih? Diantara banyak opsi yang kamu pertimbangkan, untuk mengelola barang bekas yang ada di sekitar patut dicoba lho! Daripada terburu-buru mengeluarkan banyak modal, mendingan manfaatkan barang second-hand,  ini dia inspirasinya! 

 

Sarung tumbler dari serpihan kain? Lucu banget pasti!

Saat ini gaya hidup zero waste semakin gencar dikampanyekan, hidup di generasi yang lebih sadar tentang masalah lingkungan ini tentu juga bisa melihat peluang usahanya dong. Selain berjualan stainless straw, pemakai tumbler juga makin banyak, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menciptakan produk pendukungnya yaitu kantong untuk tumbler. Kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat barang yang satu ini.

 

Paper quill dari koran bekas juga menghasilkan lho!

Siapa nih yang suka bikin kerajinan tangan untuk hadiah? Seni paper quilling bisa jadi peluang usaha yang oke lho untuk mengelola koran atau kertas bekas! Dengan warna unik yang akan dihasilkan saat dikombinasikan, dijamin akan banyak yang suka deh. Belum lagi modal yang akan kamu keluarkan juga nggak banyak kok!

 

Buat tas serbaguna dari bahan kain jeans yuk!

Punya celana jeans yang nggak terpakai? Coba deh buat pola dari kainnya lalu jahit lagi untuk dibuat tas atau kantong serbaguna! Kain jeans memang istimewa karena bahannya yang tebal dan teksturnya yang bagus, jadi kalau kamu memanfaatkan kain ini untuk bahan jualan dijamin banyak yang suka!

 

Bisa dapat akses ke barang elektronik bekas? Coba buat jadi barang custom unik!

Coba ingat-ingat, apa yang kamu lakukan kalau ada barang elektronik seperti keyboard yang rusak? Daripada dianggurin, gimana kalo kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat barang custom seperti yang ada di gambar? Barang unik akan membuat banyak orang tertarik!

 

Langkah awal jadi pengusaha memang harus bisa mengerti mana aja peluang yang bisa dimanfaatkan, tinggal bisa kamu kelola dengan baik serta konsisten nih! Diantara inspirasi produk yang ada diatas, mana nih yang akan kamu terapkan dan sesuai dengan keadaan sekitarmu?