Tau gak sih kalian, apa itu generasi milenial?.  Generasi milenial merupakan generasi yang dikenal dengan pola berpikirnya pendek dan tidak menghargai keadaan sekitar. Hal itulah yang dapat menyebabkan generasi milenial rentan terhadap sikap intoleran. Sikap intoleran itu sendiri dapat diartikan sebagai sikap kurangnya toleransi akan perbedaan.

 Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya intoleransi. Faktor itu dapat berupa perbedaan pandangan tentang agama lain. Seperti contohnya di sekolah pelajar memiliki kesadaran tentang makna toleransi namun terkadang guru agama memiliki pandangan yang berbeda. Demikian juga dengan menganggap pemeluk agama lain yang tidak sama dengan agama yang dipeluknya. Yang terakhir sikap kalangan mayoritas yang lebih mendominasi juga dapat menyebabkan munculnya intoleran. Hal hal itulah yang daoat memancing timbulnya sikap intoleran.

Di sekolahku sendiri juga terjadi sikap intoleransi. Intoleransi yang terjadi berupa kurangnya pemberian fasilitas yang layak kepada siswa yang beragama minoritas. Islam merupakan agama yang mayoritas di sekolahku jadi pasti agama agama lain yang ada di sana merupakan agama yang minoritas. Mereka yang beragama minoritas tidak memiliki tempat ibadah yang layak, mereka belum memiliki temoat ibadah yang tetap. Biasanya mereka melakukan ibadahnya di ruang perpustakaan. Beribadah merupakan kewajiban bagi semua umat beragama dan seharusnya mereka berhak meendapatkan tempat yang layak.

Tidak adanya pemberian fasilitas yang layak kepada agama yang minoritas menyebabkan munculnya sikap intoleran. Hal itu pasti menimbulkan rasa iri antar siswa yang berbeda agama. Seharusnya hal tersebut bisa diatasi dengan pemberian tempat ibadah yang layak dan tetap kepada siswa yang beragama minoritas, karena semua umat beragama memiliki hak yang sama untuk menjalankan ibadahnya dengan layak.

Dampak dari intoleran dapat menimbulkan kurangnya solidaritas. Seperti contohnya di sekolah, apabila sikap intoleran itu muncul maka solidaritas dan kebersamaan akan hilang. Hilangnya rasa persatuan. Perpecahan pasti akan terjadi apabila rasa persatuan itu sudah hilang. Selain itu semua sikap intoleran akan menimbulkan sikap mental dan spiritual yang buruk. Hal tersebut pasti akan mebimbulkan seseorang berbuat tindakan sejenis seperti radikalisme dan banyak lagi

 

Solusi yang kita lakukan agar bisa terhindar dari sikap intoleran adalah dengan menimbulkan rasa kesadaran akan hukum. Yang kedua untuk menghindari intoleran kita juga membutuhkan pendidikan yang cukup. Pendiddikan itu dapat kita peroleh dari sekolah. Karena disekolah pasti banyak terdapat keberagaman yang menyebabkan kita akan belajar tentang bagaimana menghadapi keberagaman yang ada. Hal yang paling penting dari semua itu adalah kesadaran dari dalam diri sendiri. Karena kemampuan kita dalam menerima perbedaan sangat mendukung perkembangan diri dan munculnya sikap toleransi.