SMA ganti seragam???

Kita sudah tahu putih abu-abu identik dengan pakaian anak SMA di Indonesia namun, sebenarnya di SMA itu nggak Cuma tentang aku, kamu, dan dia. Tapi, tentang MEJIKUHIBINIU. Seragam kita bisa warna putih abu-abu namun jiwa kita jangan abu-abu. Ibaratkan setiap perbedaan yang ada di sekolah kalian diwakili oleh satu warna, jika hanya dibiarkan otomatis warna-warna tersebut akan terus berada di tempat yang sama dan berada di kumpulan warna yang sama. Maka dari itu aku, kamu dan kalian harus berani berdiri dan mulai mempersatukan perbedaan yang ada disekolah kita. bukankah setiap warna jika disandingan dengan warna lain akan lebih terlihat indah dibandingkan warna tersebut menampilkan warnanya sendiri.

Perbedaan-perbedaan itulah yang membuat hidup jauh lebih berwarna terutama di lingkungan sekolah. Disekolah, kita bisa menemukan orang-orang yang tentu saja memiliki bentuk fisik yang berbeda, agama yang berbeda, latar belakang keluarga yang berbeda, hobi yang berbeda bahkan cita-cita juga berbeda. Tapi, kita dapat belajar berdampingan tanpa menganggap perbedaan sebagai hambatan. Itulah yang menyebabkan masa SMA atau masa putih abu-abu yang melambangkan kedewasaan, tidak hanya tentang putih abu-abu melainkan MEJIKUHIBINIU.

Lingkungan sekolah sudah berwarna, bagaimana cara kita membuat dunia luar juga berwarna? Kita tidak bisa mengubah cara berpikir setiap orang, yang dapat kita lakukan hanyalah terus mempertahankan apa yang berhasil kita capai dan memberikan contoh kepada masyarakat luas bahwa hidup atau belajar dengan orang yang beragam sangat menarik dan tentu saja membawa banyak dampak positif.