Semakin tinggi pohon, semakin kencang juga anginnya akan menerpa, begitupun dengan keseharian kita yang kadang penuh dengan masalah. Sebagai manusia yang saling membutuhkan satu sama lain, wajar dong saat kita sedang down butuh hiburan dan dukungan? Tapi saat ada orang lain yang mengalami masa sulit kita wajib menyikapinya dengan baik, apalagi yang mengalami teman sendiri! Kalau masih bingung bagaimana caranya, simak yuk beberapa poin dibawah ini!

 

Jadilah pendengar yang baik 

Saat ada teman yang mengalami masa sulit, biasanya banyak banget yang ia pikirkan dan sebagai teman yang baik kamu harus bisa mendengarkannya. Nggak hanya dengan telinga, tapi juga coba dengarkan dengan hati. Maksudnya kamu juga harus berusaha untuk mengerti apa yang dia rasakan, nggak hanya sekedar untuk menjawabnya aja.

 

Jangan membanding-bandingkan apa yang ia alami dengan yang lain

Ini dia nih ‘penyakit’ yang nggak sadar selalu muncul dan nggak kita bisa kontrol, yaitu membanding-bandingkan keadaan orang lain! Selain nggak adil, apa yang kamu lakukan juga nggak akan membantu temanmu lho. Karena daya tahan setiap orang juga berbeda dalam menghadapi masalah jadi sebisa mungkin hindari kalimat “Masih mending lho kamu kayak gitu…”

 

Mencoba berempati terhadap apa yang ia alami

Setelah mendengarkan dan kamu siap memberikan tanggapan ingatlah kalau apa yang ia alami walaupun menurutmu bukan hal yang berat tetap kamu harus mencoba untuk melihat dari sudut pandangnya. Coba tenangkan dan berikan kalimat persetujuan kalau apa yang ia alami itu memang berat, jangan sampai membuatnya tersinggung juga dengan tanggapanmu!

 

Usahakan memberikan nasehat yang membangun setelahnya

Usai mendengarkan kini saatnya kamu bisa masuk untuk memberikan sedikit pendapat, pastikan keadaan temanmu sudah jauh lebih tenang sebelum kamu memberikan nasehat. Berilah dia solusi yang bisa membangun dengan nada yang bersemangat agar ia pun ikutan antusias untuk segera menyelesaikan masalahnya.

 

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, dijamin kamu akan banyak membantu siapapun yang sedang mengalami masalah. Intinya adalah kamu harus bisa menempatkan diri di posisinya dan memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.