Dunia perkuliahan memang ternyata lebih dari sekedar mendapatkan materi dalam kelas dan mendapatkan nilai baik dari dosen. Saat kuliah mungkin kamu akan mendapatkan berbagai masalah yang akhirnya bisa menghambat waktu kuliahmu sendiri, bisa jadi kamu harus tiba-tiba bekerja atau bahkan harus meluangkan waktu untuk cuti. Akhirnya kamu pun harus menerima kenyataan nggak bisa lulus tepat waktu seperti teman-teman yang lain. Jika kamu mengalami hal ini, jangan menyerah! Berikut adalah alasan kenapa harus tetap semangat kuliah sampai selesai.

 

Hidup bukanlah perlombaan

Setiap orang punya latar belakang yang berbeda, anak kembar aja walaupun dibesarkan di lingkungan yang sama bisa punya kepribadian yang berbeda. Apalagi dengan orang lain yang kita nggak kenal banget? Setiap orang punya perjalanan sendiri dan kalau memang teman kamu bisa lulus tepat waktu sedangkan kamu tidak, nggak ada masalah! 

 

Apa yang kamu dapatkan saat kuliah bukan melulu tentang IPK

Memang nilai IPK yang baik akan menunjang karir saat kamu ingin masuk ke perusahaan yang butuh kompetensi tinggi, tapi apa yang kamu pelajari saat kuliah dalam jangka waktu yang lama pasti lebih dari itu. Begitupun dengan waktu kuliah yang kamu buat untuk bekerja, pengalaman yang kamu miliki itu berharga lho!

 

Tetap berjuang karena kelulusan sudah di depan mata

Saat udah masuk injury time alias waktu-waktu mepet deadline wisuda harusnya semangat semakin menggebu nih untuk bimbingan. Ingat, kamu hanya tinggal menyelesaikan satu atau dua bab aja sebelum nanti akan wisuda, jadi menjadaga suasana hati juga penting!

 

Banyak peluang menunggumu setelah wisuda

Jadi mahasiswa memang menyenangkan, bisa main sana sini dengan bebas tanpa ada tanggung jawab yang berat banget, tapi ingat setelah wisuda nanti kamu akan merasa lebih baik kok! Setelah menuntaskan amanah dari orang tua, semuanya akan lebih lancar dan menyenangkan.

 

Walaupun kamu termasuk yang nggak tepat waktu, pasti dosen-dosen yang ada di kampusmu juga akan selalu siap mendukung kok. Nggak ada yang mau mahasiswanya terjebak di kampus sekian lama juga kan? Maka dari itu kamu nggak ada alasan untuk menunda wisuda lebih lama, semangat ya!