Anak IPA mana nih suaranya? Berkutat lama dengan rumus dan angka yang ribet memang nggak selalu menyenangkan. Apalagi kalau udah penuh tekanan dari guru dan juga silabus pelajaran yang nggak karuan. Rasanya membuka buku aja males deh! Tapi jangan sampai apa yang kamu rasakan keterusan, jangan khawatir untuk cara belajar banyak kok yang bisa kamu jadikan variasi, contohnya dibawah ini nih!

 

Layaknya Sherlock Holmes, bangunlah sebuah mind palace!

Apakah kamu salah satu penggemar dari detektif yang satu ini? Kalau iya tentu udah nggak asing dong dengan istilahnya! Mind palace memang bisa kita ciptakan dengan membuat ruangan-ruangan yang berisi bab tertentu, barang yang ada dalam ruangan-ruangan itu adalah materi yang harus kamu hafal. Jadi saat kamu harus mengingat sesuatu, ‘masuklah’ ke dalam ruangan yang kamu ciptakan, dijamin pikiran nggak ikutan berantakan.

 

Butuh belajar banyak materi sekaligus? Pelajari berulang dalam waktu bersamaan 

Sejak dulu kita terbiasa untuk menyelesaikan belajar satu hal lalu baru masuk ke hal yang lain, memang cara belajar seperti ini bisa membuat materi lebih mudah habis tapi saat belajar ilmu sains lebih baik bedakan cara belajarnya. Misalkan ada 5 materi yang kamu pelajari, maka bacalah materinya masing-masing sekali-sekali tapi sering, dengan repetisi seperti ini otakmu akan jauh dari kata panik ketika ada hafalan.

 

Kaitkan teori yang ada dengan kejadian sehari-hari

Saat kita belajar, tujuannya adalah bagaimana nantinya bisa mengaitkan teori yang ada dalam buku agar nyambung di kehidupan nyata. Jika kamu anak IPA tentu bisa dong menjelaskan fenomena alam yang ada dengan ilmu yang dimiliki. Dengan mempunyai contoh nyata, belajar pun akan jadi lebih mudah lho!

 

Banyak rumus yang harus dihafal? Coba 'gambarkan' dengan object yuk!

Setiap ada soal cerita pasti bisa deh langsung memasukkan variabelnya dalam rumus yang ada, tapi untuk cara belajarnya pun bisa lebih kreatif lho! Coba deh biar nggak bingung mau pakai rumus yang mana, ibaratkan rumus yang ada adalah benda tertentu. Saat akan digunakan tinggal kamu ‘akses’ deh layaknya mind palace.

Nah kalau udah tau beberapa cara kreatif diatas tambah semangat kan untuk buka buku? Ingat, belajar dengan baik juga untuk kebaikanmu sendiri kok!