Menentukan jurusan saat masih duduk di bangku SMA memang susah-susah gampang, apalagi saat kamu merasa jurusan yang kamu pilih itu jadi underdog banget. Setiap jurusan memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi kalau dibanding-bandingkan rasanya nggak adil deh, yang penting adalah bagaimana nanti kamu bisa memaksimalkan potensimu sesuai dengan jurusan yang dipilih. Untukmu yang memilih jurusan IPS tentu udah punya pertimbangan tersendiri, jangan khawatir soal prospek kerja di perusahaan masih banyak kok peluang yang terbuka! Nggak percaya? Simak dulu poin-poin berikut ya!

 

Punya skill interpersonal yang baik? Banyak HRD yang membutuhkanmu!

Sadar nggak sih kalau nggak semua orang bisa membuat orang lain nyaman hanya dengan percakapan ringan? Kalau kamu punya kemampuan ini, artinya kamu cocok banget untuk kerja di bagian human resource alias HRD. Punya tanggung jawab untuk memilih orang masuk ke perusahaan adalah tanggung jawab besar, tapi kalau udah ada bakat nggak akan masalah kok!

 

Bagian manajemen juga akan banyak membutuhkan peranmu lho

Dengan banyaknya teori yang kamu pelajari tentang manajemen, tentu akan jadi bekal yang pas untuk masuk ke jajaran ini. Kamu yang terbiasa mengatur pola kepemimpinan akan merasa lebih nyaman kok berada di posisi ini karena udah kompeten dalam terori, berarti prakteknya juga harus lebih baik.

 

Jadi bagian customer service juga oke lho

Siapa bilang kalau bagian customer service itu nggak penting? Justru bagian inilah yang menjadi wajah pertama dari perusahaan yang ada. Maka dari itu butuh orang yang betah untuk mendengarkan dan mengerti aturan dengan baik, siapa lagi kalau bukan anak IPS?

 

Terbiasa melihat data yang banyak? Yuk jadi bagian input data aja!

Jangan remehkan bagian ini lho apalagi di perusahaan besar! Bagaimana data yang masuk dan keluar serta bisa mengaturnya dengan baik adalah pekerjaan yang belum tentu semua orang nyaman melakukannya. Tapi karena anak IPS udah terbiasa, yakin deh bakal jadi andalan!

 

Terbukti kan masih banyak posisi yang bisa kamu kerjakan nantinya? Jadi nggak usah khawatir dan iri-iri-an dengan jurusan yang lain deh! Apalagi setiap orang juga punya potensi yang berbeda-beda, udah tambah semangat belum nih untuk eksplorasi materi yang nanti bisa buat bekal kerja?