Tiga Bukti Non-Muslim Boleh kok di Masjid

 

Jika ada yang bilang bahwa non-muslim dilarang ke masjid, maka tiga kisah ini akan membuatmu berpikir ulang deh. Tidak percaya? Coba aja kamu baca baik-baik tiga kisah ini. Yuk meluncur.

Pertama, kisah ini terjadi di zaman Rasulullah. Suatu hari beliau dikunjungi umat Kristen dari Najran berjumlah 60 orang. Sesampainya di Madinah, rombongan itu menuju masjid. Berdasarkan info yang diterima, Rasulullah memang berada di sana dan sedang sholat.

Rombongan ini pun menunggu dan ketika waktu Kebaktian tiba, mereka saling menoleh dan bertanya tentang gereja terdekat. Ternyata, Nabi mempersilakan mereka menggunakan masjid untuk kebaktian dan ibadah mereka. Nabi begitu menghormati agama lain.

Kisah kedua datang dari Indonesia, Gaes. Melalui dua ulama tanah air, yakni almarhum Buya Hamka dan Cak Nur. Waktu itu Buya Hamka menjadi pembina Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta.

Nah, waktu itu banyak sekali turis asing non-muslim yang ingin berkunjung ke masjid . Kemasyhuran Buya Hamka sebagai intelektual, ulama dan novelis membuat publik internasional tertarik datang.

Cak Nur sebagai murid Buya Hamka–waktu itu beliau masih menjadi mahasiswa di Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kerap diminta tolong beliau untuk membimbing para turis ini memasuki masjid Al-Azhar.

“Nur, itu mereka (Turis-red), bimbing ke masjid,” pinta Buya Hamka.

Nah, di situ bisa dikatakan loh, Buya Hamka saja membolehkan kok dan tidak kaku kok soal ini. Cerita itu terjadi pada tahun 1960-an dan diceritakan dalam Budhi Munawar Rahman dalam buku Reorientasi Pembaharuan Islam (2017).

Kisah  ketiga terjadi tahun 2010 lalu, ketika Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Michelle, Istrinya, berkunjung ke Indonesia. Pasti kamu masih SD atau masih TK kali ya saat itu.

Jadi, mereka ingin melihat keindahan masjid Istiqlal gitu ceritanya. Sebab, masjid Istiqlal itu jadi masjid paling besar di seluruh Asia. Apalagi, muslim di Indonesia kan terbesar tuh di dunia. Keduanya pun penasaran gitu.

Nah, Imam Besar masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH Ali Mustofa Yaqub memperbolehkan keduanya masuk, bahkan mengajak mereka berjalan-jalan berjalan-jalan ke masjid dan melihat-lihat segala isi masjid. Keduanya pun terkagum-kagum dengan keindahan masjid dan islam.

Nah, itulah tiga kisah inspiratif ini, biar jadi bacaan kita bersama ya, Gaes. Duh, jadi ingin melihat keindahan Masjid Istiqlal.(DP)