Tiga Ilmuwan Muslimah Keninian ini Keren Loh,

Mana yang Jadi Idolamu?

Miftahuzzakiyah

Apakah perempuan tidak bisa menjadi seorang ilmuwan? Hmmm bisa dong..ini buktinya ada ilmuwan bidang sains yang mencetak prestasinya dengan gemilang. Bukan tingkat nasional lagi, tapi internasional loh. Bahkan karyanya dikenang oleh dunia dan waktu tidak membuatnya usang. Siapa saja ya?

  1. Burcin Mutlu-Pakdil

Namanya diabadikan menjadi nama salah satu nama galaksi terbaru di alam semesta ini, yaitu Galaksi Burcin. Waw, luar biasa bukan? Penemu galaksi terbaru ini adalah sosok perempuan muslim dari Istanbul, Turki. Perjalanannya menuntut ilmu hingga bekerja tidaklah mudah. Banyak tekanan eksternal yang hampir saja menyurutkan cita-citanya. Namun, Burcin tetap tegak dan semangat. “Kamu  tidak boleh memblokir keingintahuan ilmiahmu karena tekanan eksternal, perjalanan ini mungkin tidak mudah, tetapi kamu harus mengikuti hasratmu –Burcin-

 

  1. Tahani Amer

Beliau adalah perempuan berhijab pertama yang bekerja di NASA, Amerika Serikat. Keren kan. Ternyata menjadi perempuan tidaklah menghalangi untuk menjadi bintang ilmu dunia. Perempuan berdarah mesir tersebut memegang tiga prinsip dalam hidupnya yang bisa kita jadikan teladan. “hidup dengan mematuhi perintah Tuhan maka akan dipuaskan segala kebutuhan, pendidikan sebagai kunci hidup serta menyebarkan kebaikan dan keramahan” –Tahani Amer-

 

  1. Maryam Mirzakhani

Beliau adalah perempuan muslim Iran yang jago matematika. Prestasi awalnya yaitu saat mengikuti dan memenangkan olimpiade matematika tingkat Internasional di Hongkong (1994) dan di Toronto (1995). Saat di Toronto, beliau menjadi perempuan muslim pertama yang menjawab dengan nilai sempurna. Sangat langka kan?
kemudian, beliau menjadi dosen di Universitas Harvard dan memenangkan Fields Medal di tahun 2014. Fields Medal adalah medali yang diberikan kepada empat ahli matematika dunia yang berusia kurang dari 40 tahun.

 

Nah, sekarang manakah yang menjadi idola dan perempuan inspirasi kamu? Yuk  tetap semangat belajar.