Tiga Kunci Sukses dan Jadi Youtuber Seperti Gen Halilintar

Amadea Prajna, SJ

 

Kamu kenal Gen Halilintar nggak sih? Siapa itu, The Flash? Bukaaaan. Thor? Bukaaaan juga. Lalu siapa mereka? Yak, kamu benar, Gen Halilintas adalah sebuah keluarga besar (beneran besar, seriusan!). Kamu pasti mengenal mereka di Youtube dengan jutaan subscribers.

Keluarga Gen Halilintar ini terdiri dari 13 orang, tepatnya pasangan bapak-ibu dengan 11 orang anak (6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan). Nama “Gen Halilintar” sendiri diambil dari perpaduan nama pasangan orang tua dalam keluarga ini, yaitu Bapak Halilintar dan Ibu Gen. Dan,  Atta dan Saaih Halilintar yang masing-masing mempunyai lebih dari 7,7 juta dan 2,5 juta subscribers.

Keluarga ini terkenal awalnya karena berpetualang keliling dunia dengan membawa seluruh anggota, lalu jadi viral di dunia maya karena vlog-vlog hariannya di YouTube. Tak cuma itu, masing-masing anggota Gen Halilintar punya channel YouTube sendiri loh! Waw....

Nah, Bagaimana sih keluarga besar ini bisa begitu sukses? Berikut tiga rahasia mereka.

Pertama, Fokus pada apa yang ingin diraih. Pasangan orang tua Gen Halilintar berprofesi sebagai pengusaha. Mereka merintis usahanya benar-benar dari nol. Mereka tekun bekerja keras dan fokus pada usaha yang digeluti. Itu pula yang diajarkan pada anak-anak mereka. Ketika collab bareng Youtuber dan penyanyi Boy William di acara Nebeng Boy, Atta Halilintar sempat menceritakan bagaimana situasi jatuh bangun ekonomi keluarganya.

Sejak SD, kata Atta, ia sudah dididik untuk mencari uang sendiri dengan berjualan makanan ringan dan mainan. Uang sakunya tidak diberi oleh orang tuanya, melainkan dari hasil jualannya sendiri. Begitu pula dengan anak-anak lainnya. Nggak heran ya gaes, kalau keluarga ini bisa tajir melintir seperti sekarang ini!

Fokus pada usaha dan dagang sangat diutamakan keluarga ini. Anak-anak dididik secara homeschooling dengan fokus utama bisnis. Sejak kecil mereka dibesarkan dengan nuansa bisnis yang kuat dari orang tua Gen Halilintar. Motto mereka, “Semua yang kami pakai dan gunakan itulah yang kami jual.”

Kedua. Kerjasama antar saudara/keluarga. Salah satu cara mendidik dalam Gen Halilintar yang menarik adalah kerjasama antar saudara dan anggota keluarga. Dalam keluarga sudah ada pembagian tugas rumah tangga yang jelas dan semua harus menjalankannya. Misalnya, Atta bertugas sebagai captain yang mengawasi tugas adik-adiknya, Sohwa bertugas laundry, Sajidah menjadi chef, Thoriq menjadi house keeper, dan sebagainya. Masing-masing punya tugasnya sendiri-sendiri.

Ketiga, tanggung jawab dan etos kerja tinggi. Ini masih terkait erat dengan fokus dan kerjasama. Tanpa rasa tanggung jawab yang tinggi, fokus tidak dapat diraih dan kerjasama sulit terjadi. Dalam mengerjakan tugas masing-masing, anggota keluarga ini punya rasa tanggung jawab yang besar. Masing-masing sadar bahwa kalau tugas tidak dijalankan, urusan keluarga bisa terganggu.

Misalnya, kalau tugas memasak tidak berjalan, satu keluarga bisa kelaparan! Karena itu, mereka sangat bersungguh-sungguh dan tanggung jawab dalam tugas. Rupanya nilai tanggung jawab dan kerja keras dibawa dalam urusan bisnis atau pekerjaan mereka. Atta Halilintar misalnya sangat memegang komitmen untuk upload video setiap hari di channel YouTubenya, hingga jadi begitu terkenal dan inspiratif.

Nah, itulah tiga kunci untuk bisa sukses dan inspiratif seperti Gen Halilintar. Bagaimana, kamu mau jadi youtuber sukses dan mengajak teman yang lain? Yuk ah mulai berkarya.