Halo Creator Muda, tidak terasa hari kemerdekaan Indonesia sebentar lagi tiba. “Tujuh belas Agustus tahun 45 itulah hari kemerdekaan kita”. Lagu nasional Hari Merdeka karya kedua dari H. Mutahar yang dirilis tahun 1946 itu pasti sudah bernyanyi-nyanyi di kepala saat ini, apalagi kalian yang menjadi anggota paskibra.

 

Bicara mengenai kemerdekaan, mading sekolah.id tentunya mengadakan kompetisi lagi di bulan kemerdekaan ini, dengan tema #Merdeka Bikin Konten. Dalam kompetisi ini, Creator Muda ditantang untuk bisa menceritakan mengenai macam-macam kegiatan perayaan 17an di daerah kalian. Dalam kompetisi ini, Creator Muda nanti akan mengumpulkan artikel, foto, video, dan desain poster di website mading sekolah.id. Nah dalam memudahkan dan membantu kalian untuk meliput narasumber saat akan membuat konten artikel ataupun video, di bawah ini merupakan tips-tips meliput berita. Yuk simak tipsnya!

 

    1. Menyiapkan materi wawancara dan Riset

    Persiapkan materi-materi pertanyaan yang akan ditanyakan kepada narasumber dan jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk materinya.

    1. Pahami dan kuasai topik liputan

    Jika kita ingin mewawancarai narasumber, maka kita setidaknya harus membaca dulu hal-hal penting terkait topik yang akan kita tanyakan.

    1. Mengetahui latar belakang narasumber

    Mengetahui latar belakang narasumber akan membuat kita lebih mudah dan nyaman untuk melakukan proses wawancara.

    1. Cari tahu cara menjangkau lokasi untuk liputan

    Menjumpai narasumber tidaklah mudah, maka dari itu diperlukan alamat dari lokasi narasumber yang akan kita wawancara.

    1. Persiapkan peralatan liputan

    Peralatan liputan seperti; notes, tape recorder, pulpen, dan kamera wajib disiapkan. Perkembangan sekarang peralatan seperti ini sudah bisa digantikan dengan smartphone.