Nafta, 15 tahun, merupakan siswi yang bersekolah di SMKN 48, dia sudah bersekolah di SMKN 48 selama 8 bulan, selama dia bersekolah, dia mempunyai keluhan Yaitu peraturan yang mewajibkan siswi yang berjilbab mengenakan ciput. Keluhan Nafta yaitu merasa tidak nyaman saat belajar, membuat gatal, dan telinga menjadi sakit.

Pernah gak sih kalian ngerasain hal yang sama dengan Nafta? Bermasalah dengan ciput. Ya sekarang udah banyak banget nih remaja-remaja muslimah yang memakai ciput. Bahkan beberapa sekolah juga mewajibkan siswi-siswinya yang memakai jilbab untuk menggunakan ciput. Nah dengan adanya peraturan baru itu banyak juga siswi-siswi yang mengeluh. Seperti Nafta contohnya.

Jadi buat kalian yang mengalami masalah seperti Nafta, jangan justru berhenti memakai ciput, karena dengan ciput kita akan terlihat lebih rapih. Dan jika kita sudah tampil rapih, untuk melakukan suatu kegiatan akan jauh lebih efisien ketimbang jika kita tampil berantakan.

Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang jipon sudah menjadi hal biasa terutama dikalangan remaja. Bahkan ada yang menjadikan jipon sebagaistylenya. Jadi untuk menghindari jipon dan mengatasi masalah seperti Nafta, kita punya nih tips kyut buat kalian yang mau pakai ciput antinyut-nyut.

  1. Jangan memakai ciput sampai menutupi daun telinga.
  2. Pakai ciput bahan rajut
  3. Pakai ciput anti nyut-nyut / anti budeg.
  4. Pilihlah ciput yang sesuai dengan bentuk kepala.

Yuk coba tips-tips kyut di atas. jangan mudah menyerah yaa! karena bisa jadi hal yang kita gak suka itu justru bermanfaat untuk kita.