Indonesia adalah negeri yang kaya akan perbedaan dan keberagaman mulai dari suku, agama, bahasa, ras, budaya dan adat istiadat. Keberagaman itulah yang membuat Indonesia menjadi negri yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Tidak ada satupun negara di dunia yang dapat mengungguli jumlah bahasa daerah di Indonesia, dan tidak ada satupun negara di dunia yang dapat mengungguli jumlah kesenian yang ada di Indonesia.  Karena itulah kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan keberagaman yang kita miliki, bukan menjadikan keberagaman sebagai alasan untuk membeda-bedakan apalagi alasan untuk melakukan peperangan. Dengan adanya keberagaman itu kita harus bersatu agar hal-hal seperti perang suku, tawuran, dan diskriminasi tidak terjadi lagi di Indonesia. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh mahasiswa guna memupuk kebanggaan dan penghormatan pada keberagaman yang dimiliki Indonesia yaitu :

  1. Menghargai teman yang berbeda agama

Menghargai teman yang berbeda agama dapat kita lakukan dengan tidak mengejek teman yang berbeda agama, tidak makan di depan teman yang muslim saat sedang berpuasa, tidak memfitnah teman yang berbeda agama, dan lain sebagainya.

  1. Tidak membeda-bedakan teman

Tidak membeda-bedakan teman dapat kita lakukan dengan cara menolong siapa saja tanpa melihat suku atau agama, tidak mengucilkan teman yang berbeda agama saat memilih kelompok, tidak melihat suku atau agama saat memilih teman, dan lain sebagainya.

  1. Dapat menerima perbedaan

Dapat menerima perbedaan contohnya kita tidak merasa risih saat berbicara dengan orang yang berbeda agama, tidak menjelek-jelekan suku atau agama lain, tidak mencemooh teman yang berbeda suku atau agama, dan lain sebagainya.

  1. Mampu bertoleransi dengan teman yang berbeda agama

Misalnya dengan mengadakan istirahat pada waktu sholat, menghentikan proses diskusi saat terdengar suara adzan, tidak melakukan keributan saat teman yang berbeda agama mengadakan acara keagamaan, dan lain sebagainya.

Pada hakikatnya  manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi harus dengan bantuan orang lain. Berdasarkan prinsip tersebut   kita wajib menghargai perbedaan dan keberagaman. Di dalam pancasila juga disebutkan bahwa persatuan itu penting, yaitu pada sila ke-3 yang berbunyi ”Persatuan Indonesia”.