Di sekolah saya terdapat tiga macam agama yaitu: Islam, Kristen dan Hindu. Dengan adanya  perbedaan latar belakang agama ini tidak membuat kami bermusuhan atau memiliki sikap intoleransi dan setiap hari kami hidup berdampingan dan saling menghargai. Contoh dari sikap toleransi yang ada disekolah saya yaitu: Pada saat hari jumat penganut agama Kristen melakukan ibadah di Aula sekolah yang letaknya berdampingan dengan masjid sekolah.

Di sebuah sekolah tentunya memiliki banyak keberagaman contohnya: Agama, suku, budaya, ras, dan adat istiadat yang pastinya membuat kita berbeda. Dengan terciptannya perbedaan tak ayal  akan muncul permasalahan- permasalaha. Tetapi, dengan adanya sikap toleransi tidak ada lagi alasan kita untuk memunculkan permasalahan atau sikap intoleransi

Arti dan makna Toleransi        

Toleransi berasal dari bahasa latin dari kata “Tolerare” yang berarti dengan sabar membiarkans sesuatu. Jadi pengertian toleransi secara luas adalah suatu perilaku atau sikap manusia yang tidak menyimpang dari aturan,d dimana seseorang menghormati atau menghargai setiap tindakan yang dilakukan oleh orang lain.

Cara meningkatkan sikap Toleransi disekolah:

  1. Menghargai setiap perbedaan yang ada. Contohnya dengan cara menghadiri undangan acara yang dilakukan agama lain.
  2. Mencoba memahami kebudayaan orang lain. Contohnya dengan cara berbagi cerita mengenai budaya yang teman kita miliki.
  3. Membudayakan perilaku gotong royong. Contohnya dengan cara membantu teman kita apabila kesulitan dalam melakukan suatu kegiatan.
  4. Mengupayakan hak dan kewajiban yang setara. Contohnya pada saat pengambil keputusan rapat organisasi atau semacamnya.

Dengan adanya sikap toleransi disekolah segala bentuk perbedaan baik Agama, suku, budaya, ras dan adat istiadat akan mengubah pola fikir siswa bahwa perbedaan bukan pemecah karena, sejatinya perbedaan yang ada bukan alasan untuk terpecah bela melainkan melalui perbedaan kita bisa saling melengkapi